nursing.fkkmk.ugm.ac.id

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN

Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan
Universitas Gadjah Mada

Profil Program Studi Ilmu Keperawatan

Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM berdiri sejak 1998 berdasarkan SK Dirjen Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI No.  373/DIKTI/Kep/1998 dan secara resmi operasional pelaksanaan perkuliahan dimulai sejak 1999. PSIK FK-KMK UGM menyelenggarakan pendidikan keperawatan untuk menghasilkan lulusan Ners sesuai level 7 Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), yang terdiri dari tahapan pendidikan, yaitu tahap akademik dan tahap profesi.

Visi dan Misi Program Studi

Visi

Menjadi Program Studi Ilmu Keperawatan berkelas dunia yang inovatif dan unggul, serta senantiasa mengabdi pada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila.

Misi 

Melaksanakan pendidikan sarjana dan profesi ners  melalui kegiatan Tridharma yang unggul dengan mengoptimalkan pemanfaatan data dan teknologi informasi serta terintegrasi dalam Academic Health System untuk meningkatkan status kesehatan individu, keluarga, dan masyarakat, dengan filosofi CARE.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang inovatif, adaptif, berbudi pekerti luhur dan mampu menjadi pelopor perubahan di bidang keperawatan.
  2. Melakukan penelitian dan mengembangkan inovasi di bidang kesehatan dan/atau keperawatan yang berkontribusi dalam penyelesaian masalah kesehatan yang menjadi rujukan nasional maupun internasional.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat yang berkualitas secara berkelanjutan dan komprehensif yang melibatkan alumni dan mitra strategis untuk mendorong kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.
  4. Bersinergi dengan departemen keperawatan untuk menjamin terwujudnya tata kelola yang baik untuk meningkatkan kapasitas,kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan sivitas program studi  ilmu keperawatan melalui ekosistem pendukung yang dinamis, terintegrasi, dan berkelanjutan.
  5. Mewujudkan atmosfir akademik yang sehat, aman, ramah lingkungan, berbudaya dan bertanggungjawab secara sosial.

Sasaran

  1. Memperkuat atmosfir dan lingkungan akademik untuk menjamin lulusan yang berkualitas dan mendorong pengembangan keilmuan.
  2. Memfasilitasi kegiatan dosen lintas departemen dan prodi dalam melaksanakan tridharma.
  3. Memperkuat dan mengembangkan tata kelola organisasi yang mendukung kegiatan tridharma secara efektif dan efisien.
  4. Optimalisasi pemanfaatan fasilitas-fasilitas bersama.
  5. Penguatan komitmen dan partisipasi RS jejaring dalam kerangka AHS untuk melaksanakan tridharma.
  6. Memfasilitasi pelaksanaan program afirmasi pendidikan untuk mendukung percepatan pembangunan kesehatan wilayah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal).
  7. Meningkatkan peran alumni dan mitra strategis lain dalam Tri Dharma perguruan tinggi.
  8. Mengoptimalkan sistem informasi, kapasitas teknologi informasi dan produksi digital, dengan memperhatikan prinsip open source dan perlindungan kekayaan intelektual.
  9. Meningkatkan aktivitas penggalangan dana eksternal untuk mendukung kegiatan tridharma.
  10. Mendorong internasionalisasi melalui kegiatan menolok ukur (benchmarking) dengan institusi/program terkemuka di dunia.
  11. Menetapkan nilai-nilai CARE dalam setiap kegiatan Tridharma.

Profil Lulusan

Profil lulusan Program Studi Ilmu Keperawatan adalah sebagai berikut:

  1. Care provider
    Merencanakan dan memberikan asuhan keperawatan pada individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat dalam rentang sehat sakit di semua tatanan pelayanan Kesehatan yang berbasis bukti dan peka budaya
  2. Communicator
    Mendemostrasikan komunikasi efektif pada sistem klien dan kolaborasi tim kesehatan sesuai perkembangan teknologi komunikasi
  3. Health educator and promoter
    Melakukan edukasi dan promosi kesehatan pada sistem klien untuk mencapai kemandirian dalam merawat dirinya
  4. Manager and leader
    Menganalisis fungsi- fungsi kepemimpinan dan manajerial  dalam melakukan asuhan keperawatan di semua tatanan pelayanan Kesehatan dan berkoordinasi dengan tim Kesehatan  dengan menggunakan pendekatan inter professional education (IPE) dan inter professional collabroration practice (IPCP)
  5. Researcher
    Menerapkan langkah-langkah pendekatan  ilmiah dalam menyelesaikan masalah keperawatan/Kesehatan

Capaian Pembelajaran Lulusan

Kode Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Code End of Program Student Learning Outcomes (EPSLOs)

SIKAP (S)

ATTITUDE (A)

S_1

Menunjukkan sikap Pancasilais dan kesadaran terhadap kepentingan bangsa dan negara --- (P1, 2, 3,4,5)

A_1

Being able to demonstrate a Pancasilaist attitude and an awareness of the nation and the state --- (P1, 2, 3, 4, 5)

S_2
Menunjukkan sikap perawat professional --- (P1, 2,3,4,5)
A_2

Being able to demonstrate attitude of nursing professional --- (P1, 2, 3, 4, 5)

KEMAMPUAN UMUM (KU)

GENERAL SKILL (GS)

KU_1

Mampu menerapkan pemikiran ilmiah dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk menghasilkan solusi sesuai bidang keahlian secara berintegritas dan diwujudkan dalam dokumen saintifik --- (P4, 5)

GS_1

Being able to apply scientific and innovative thinking using information technologies to produce solutions with integrity and manifested in the form of a scientific document --- (P4, 5)

KU_2
Mampu mengembangkan keterampilan kepemimpinan melalui penerapan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat --- (P2, P4)
GS_2

Being able to develop leadership skills through scientific implementation in society --- (P2, 4)

PENGUASAAN PENGETAHUAN (PP)

KNOWLEDGE (K)

PP_1

Mampu mengaplikasikan ilmu dasar, teknologi kesehatan dan keperawatan dasar berbasis bukti dalam pemberian asuhan --- (P1, P3)

K_1

Being able to apply basic science, health technologies, and basic nursing science based on evidence in providing care --- (P1, 3)

PP_2

Mampu mengaplikasikan keperawatan berbasis bukti pada setting klinis, komunitas dan situasi bencana --- (P1,3)

K_2

Being able to apply evidence-based nursing in clinical setting, community, and disaster situation --- (P1, 3)

KEMAMPUAN KHUSUS (KK)

SPECIAL SKILLS (SS)

KK_1

Mampu mengevaluasi asuhan keperawatan pada tatanan klinik dan komunitas untuk meningkatkan kualitas kesehatan klien --- (P1, 2)

SS_1

Being able to evaluate nursing care in clinical and community settings to improve clients’ health quality --- (P1, 2)

KK_2

Mampu melakukan penelitian ilmiah di bidang ilmu dan teknologi kesehatan untuk menyelesaikan masalah keperawatan/kesehatan --- (P5)

SS_2

Being able to conduct scientific research in health science and technology to solve nursing/health problems --- (P5)

KK_3

Mampu menerapkan  inovasi  pada bidang  ilmu dan teknologi keperawatan/kesehatan --- (P1, 2)

SS_3

Being able to implement innovations in nursing/health science and technology --- (P1, 2)

KK_4

Mampu memberikan pendidikan kesehatan menggunakan keterampilan komunikasi dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam melakukan asuhan keperawatan --- (P1,3)

SS_4

Being able to provide health education using communicative skills using information technologies in providing nursing care --- (P1, 3)

Akreditasi Program Studi

Program Studi Ilmu Keperawatan dan Ners telah mendapatkan akreditasi “A” oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). Pada tanggal 1 Agustus 2017 PSIK FK-KMK UGM berhasil mendapatkan sertifikasi dari ASEAN UNIVERSITY NETWORK dengan nomor sertifikat AP211UGMMAY17.

Mulai tanggal 25 Januari 2023, Program Studi Ilmu Keperawatan FK-KMK UGM, mendapatkan kandidat untuk initial accreditation dari Accreditation Commission for Education in Nursing (ACEN). 

Sertifikat Akreditasi LAM PT-Kes

Sertifikat Candidacy for Initial Accreditation dari ACEN
Sertifikat AUN-QA Program Studi Ilmu Keperawatan (2017-2022)

Keunggulan Program Studi

  1. Telah tersertifikasi ASEAN University Network on Higher Education for Quality Assurance (AUN-QA) pada tahun 2017, dan menjadi Undergraduate Nursing Program pertama di Indonesia yang tersertifikasi AUN-QA.
  2. Terakreditasi A dari LAM PT-Kes.
  3. Capaian kelulusan first taker 100% dalam Ujian Kompetensi Nersi Indonesia (UKNI).
  4. Penerapan sistem pembelajaran terintegrasi dalam bentuk blok bagi perkuliahan mahasiswa.
  5. Penggunaan Advanced Technology (Patient Simulation Virtual Reality) dalam pembelajaran.
  6. Ketersediaan laboratorium keperawatan dalam bentuk simulated hospital/mini hospital.
  7. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam bentuk pertukaran pelajar baik dalam negeri dan luar negeri, proyek kemanusiaan, magang dan penelitian.
  8. Program Community and Family Healthcare – Interprofessional Education (CFHC-IPE) dimana mahasiswa dari 3 program studi (Ilmu Keperawatan, Pendidikan Kedokteran dan Gizi) bersama-sama melakukan pendampingan keluarga di komunitas sejak semester 1 sampai semester 7
  9. Program Student Exchange dengan universitas-universitas mitra luar negeri :
    • Mahidol University – Thailand
    • Taipei Medical University – Taiwan
    • Kochi University – Jepang
    • NUS- Singapore
    • University of Gothenburg – Swedia
  10. Guest Lecture, Visiting Professor memberikan kesempatan mahasiswa mendapatkan kuliah dari pengajar luar negeri.
  11. Program Summer/ Winter Course sebagai ajang berinteraksi dengan mahasiswa luar negeri yang dilaksanakan di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM
  12. Field Visit atau Kunjungan Lapangan ke rumah sakit mitra, institusi kesehatan lainnya, serta komunitas.
  13. Program Pengabdian Masyarakat yang melibatkan mahasiswa dan tenaga pengajar.
  14. Penelitian Kolaborasi dengan universitas-universitas mitra luar negeri.

Kurikulum Program Studi

Program Studi Ilmu Keperawatan FK-KMK UGM terdiri dari dua tahap yaitu tahap akademik dan tahap profesi. Prodi menerapkan Outcome Based Education (OBE) dalam pelaksanaan proses pendidikan. Kurikulum yang digunakan saat ini dikembangkan dari kurikulum inti pendidikan Ners oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) dan muatan lokal yang dikembangkan sebagai ciri khas lulusan UGM.

Tahap Sarjana

Model kurikulum berbasis kompetensi merupakan model kurikulum yang diterapkan PSIK FK-KMK UGM dalam proses pembelajarannya. Struktur kurikulum dijabarkan menggunakan sistem blok dalam tiap semester.

  • Beban studi minimal 144 SKS termasuk skripsi, CFHC-IPE, dan KKN.
  • Lama studi 3,5 tahun setara dengan 7 semester.
  • Gelar akademik lulusan adalah Sarjana Keperawatan (S.Kep).

Tahap Profesi

  • Beban studi 38 SKS.
  • Lama studi 1 tahun setara dengan 2 semester.
  • Gelar akademik lulusan adalah Ners (Ns.).
Peta Kurikulum Tahap Sarjana Tahun 2017
Peta Kurikulum Tahap Profesi
Peta Kurikulum Tahap Sarjana Tahun 2020
Peta Kurikulum Tahap Profesi

Kalender Akademik Tahun 2022/2023

Kalender Akademik Semester Ganjil 2023/2024
Kalender Akademik Semester Genap

Strategi Pembelajaran Program Studi

Sejak tahun akademik 1998/1999, PSIK FK-KMK UGM sudah mulai menerapkan pembelajaran yang berfokus pada mahasiswa (Student-centered Learning/SCL) melalui strategi pendidikan belajar berdasarkan masalah (Problem-based Learning/PBL). Selama proses pembelajaran mata kuliah dikelola dan diorganisasi untuk pencapaian kompetensi yang sudah ditetapkan.

Kegiatan pembelajaran tahap akademik:

  1. Kuliah pakar
  2. Diskusi kelompok (tutorial)
  3. Keterampilan klinik keperawatan
  4. Praktikum di Laboratorium
  5. Pengalaman belajar lapangan (field study)
  6. Seminar, Presentasi Kasus, dan Role Play
  7. Belajar Mandiri

Program pendidikan profesi merupakan satu kesatuan yang utuh dari Program Studi Ners FK-KMK UGM. Setelah menyelesaikan pendidikan ditahap akademik, mahasiswa kemudian diberikan pengalaman belajar klinik dan pengalaman belajar di lapangan pada berbagai bentuk dan tingkat pelayanan kesehatan (klinis dan komunitas). Diharapkan setelah melalui proses pendidikan di tahap profesi, calon ners dapat mencapai kompetensi pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor yang maksimal sebagai bekal mereka menjadi perawat yang professional dan kompeten.

Kegiatan pembelajaran tahap profesi:

  1. Pre dan Post Conference
  2. Bedside Teaching
  3. Ronde Keperawatan
  4. Seminar/refleksi kasus
  5. Seminar analisis jurnal
  6. Penyuluhan kesehatan
  7. Terapi bermain (khusus keperawatan Anak)
  8. Terapi Aktivitas kelompok (khusus keperawatan Jiwa)

Media Promosi dan Informasi Program Studi

Video Profil Program Studi Ilmu Keperawatan
Profil Program Studi Ilmu Keperawatan
Brosur Program Studi Ilmu Keperawatan
Laporan Tahunan Program Studi Ilmu Keperawatan
Buku Panduan Akademik Program Studi Ilmu Keperawatan TA 2023/2024

* Link hanya bisa diakses menggunakan email UGM

Buku Panduan Skripsi Program Studi Ilmu Keperawatan

* Link hanya bisa diakses menggunakan email UGM

Buku Panduan Tugas Akhir Profesi Ners Program Studi Ilmu Keperawatan

* Link hanya bisa diakses menggunakan email UGM

Kontak dan Alamat Program Studi

KANTOR
Gedung Ismangoen Lantai 2, Jl. Farmako Sekip Utara, Yogyakarta 55281
Telepon: (0274) 545674
Fax: 0274-631204 

EMAIL
nursing.fkkmk@ugm.ac.id