Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan
Universitas Gadjah Mada
Program Studi Magister Keperawatan (PSMK), Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM secara resmi dibuka pada tahun 2011 berdasarkan Surat Keputusan Rektor UGM No. 449/P/SK/HT/2011. Sampai saat ini Program Studi Magister Keperawatan telah membuka beberapa peminatan, antara lain
Program Studi Magister Keperawatan, diselenggarakan paling cepat lebih dari 2 semester dengan lama studi maksimum 6 semester. Lulusan program studi ini akan mendapatkan gelar Master of Nursing Science (MN.Sc). Program Studi Magister Keperawatan juga membuka program Joint Degree dengan Taipei Medical University (Taiwan). Detail program Joint Degree dapat dibaca di link berikut: https://nursing.fkkmk.ugm.ac.id/joint-degree-program-studi-magister-keperawatan/
Visi
Program Studi Magister Keperawatan berkelas dunia yang inovatif dan unggul, serta senantiasa mengabdipada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila.
Misi
Melaksanakan pendidikan pascasarjana keperawatan melalui kegiatan Tridharma dengan mengoptimalkan pemanfaatan data dan teknologi informasi, serta terintegrasi dalam Academic Health System untuk meningkatkan status kesehatan individu, keluarga, dan masyarakat dengan nilai CARE.
Tujuan
Sasaran
Saat ini Program Studi Magister Keperawatan telah terakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM PT-Kes) dengan nomor SK: 0236/LAM- PTKes/Akr/Mag/V/2019 dan memperoleh Peringkat A (sangat baik). Program Studi Magister Keperawatan juga telah mendapatkan sertifikasi AUN-QA pada tanggal 11 Juli 2021.
Profil yang ingin dihasilkan oleh program ini adalah
Kode CPL | Deskripsi CPL | EPSLOs Code | EPSLOs Description |
---|---|---|---|
CPL 1 | Menunjukkan sikap Pancasila dan kesadaran terhadap kepentingan bangsa dan negara (S_1) | EPSLO 1 | Demonstrating the Pancasila principles and awareness of the interests of the nation and state (A_1) |
CPL 2 | Menunjukkan sikap jujur, mandiri, bertanggungjawab, percaya diri, empati, menghargai, menjadi role model, dan kematangan emosional berdasarkan agama, moral, dan etika (S_2; P_1; KK_1) | EPSLO 2 | Demonstrating qualities of honesty, independence, responsibility, self-confidence, empathy, appreciation, serving as a role model, and emotional maturity based on religious, moral, and ethical principles (A_2; K_1; SS_1) |
CPL 3 | Mampu mengimplementasikan prinsip etik, legal dan peka budaya dalam menjalankan peran sebagai researcher, educator, leader, manager, entrepreneur dan healthcare professional (S_3; P_2; KK_2) | EPSLO 3 | Able to implement ethical, legal, and culturally sensitive principles in carrying out roles as a researcher, educator, leader, manager, entrepreneur, and healthcare professional (A_3; K_2; SS_2) |
CPL 4 | Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif serta saintifik melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain ilmiah atau karya seni berdasarkan kaidah dan etika ilmiah untuk menyelesaikan masalah masyarakat/ industri dan mengelola data penelitian untuk kesahihan dan mencegah plagiarisme serta mendiseminasikan/ mengkomunikasikan hasil pemikiran yang wajib dipublikasikan pada jurnal ilmiah nasional dan internasional dan dalam bentuk lain kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas (K_3; GS_1) | EPSLO 4 | Able to develop logical, critical, systematic, and creative thinking, as well as scientific thinking through scientific research, creating scientific designs, or artworks based on scientific norms and ethics to address societal/industrial issues. Also, proficient in managing research data for validity, preventing plagiarism, and disseminating/communicating thoughts and results that must be published in national and international scientific journals and other forms to academic and general communities (K_3; GS_1) |
CPL 5 | Mampu mengambil keputusan dalam memecahkan masalah pengembangan IPTEK dalam bidang kesehatan dan atau keperawatan serta mengembangkan jaringan kerja multi atau transdisiplin melalui penerapan konsep dan prinsip evidence based practice, dan mengembangkan inovasi (P_4; KK_3) | EPSLO 5 | Able to make decisions in solving science and technology development problems in the field of health and/or nursing, as well as developing multi or transdisciplinary networks through the application of evidence-based practice concepts and principles, and fostering innovation (K_4; SS_3) |
CPL 6 | Mampu mengembangkan program edukasi / pembelajaran klinis dan komunitas yang kreatif dan inovatif pada praktik dan pelayanan keperawatan/ kesehatan (P_5;KK_3) | EPSLO 6 | Able to develop creative and innovative clinical and community education/ learning programs in nursing/ healthcare practice and services (K_5; GS_3) |
CPL 7 | Mampu mengembangkan komunikasi dan koordinasi pada level individu, organisasi dan interdisiplin dalam kegiatan akademik maupun non akademik berskala nasional maupun internasional (P_6; KK_6) | EPSLO 7 | Able to develop communication and coordination at the individual, organizational, and interdisciplinary levels in both academic and non-academic activities at the national and international scales (K_6; SS_6) |
CPL 8 | Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat multidisiplin dan interdisiplin berskala nasional dan atau internasional (KU_2; KK_6) | EPLSO 8 | Able to manage, develop, and maintain networks with colleagues, multidisciplinary and interdisciplinary peers at the national and/or international levels (GS_2; SS_6) |
CPL 9 | Mampu mengembangkan dan memimpin tata kelola pelayanan keperawatan / kesehatan di tatanan akademik, klinik, dan komunitas dalam skala nasional atau internasional (KU_3; KK_7) | EPSLO 9 | Able to develop and lead the governance of nursing/health services in academic, clinical, and community settings on a national or international scale (GS_3; SS_7) |
CPL 10 | Mampu meningkatkan kapasitas profesional melalui pembelajaran seumur hidup, kepekaan sosial dan lingkungan (KU_4; KK_8) | EPSLO 10 | Able to enhance professional capacity through lifelong learning, social awareness, and environmental sensitivity (GS_4; SS_8) |
Keterangan:
S (Sikap); P (Pengetahuan); KK (Keterampilan Khusus); KU (Keterampilan Umum); A (Attitude); K (Knowledge); SS (Specific Skills); GS (General Skills)
Lama studi program studi magister keperawatan FK-KMK UGM mengacu pada SK Rektor Nomor 11 tahun 2016:
Kurikulum PSMK FK-KMK UGM terdiri dari :
Mata kuliah yang diajarkan pada semester pertama PSMK berisi mata kuliah wajib dasar umum (MKDU), dengan total sks 18 sks. Adapun mata kuliah pada semester pertama, antara lain:
A. Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU)
Mata kuliah filsafat Ilmu merupakan mata kuliah wajib pada Program Studi Magister Keperawatan yang dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman yang komprehensif kepada mahasiswa untuk dapat mengeksplorasi dan menganalisis tentang ilmu secara filosofis. Pada mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menggabungkan pemahaman dan kemampuan menganalisis ilmu secara filosofis dalam memberikan penilaian terhadap situasi praktek keperawatan professional. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan mampu mengkaitkan ilmu filsafat dengan teori keperawatan pada suatu tatanan layanan keperawatan.
Mata kuliah sains dalam keperawatan ini membahas tentang teori-teori keperawatan, dari aspek sejarah perkembangannya, penerapannya, sampai pada proses review, kritik, dan hasil penelitian terkait teori keperawatan
Mata kuliah riset kualitatif merupakan mata kuliah wajib pada program Studi Magister Keperawatan yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dasar tentang penelitian kualitatif dan mixed method untuk menyelesaikan masalah klinis dan pengembangan ilmu keperawatan. Mata Kuliah Riset Kualitatif akan membahas mengenai konsep tentang penelitian Kualitatif yang meliputi berbagai pendekatan kualitatif, tehnik, metode dan analisis penelitian.
Mata ajar riset kuantitatif merupakan mata kuliah wajib pada program Studi Magister Keperawatan yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dasar tentang penelitian kuantitatif sehingga mampu melakukan penelitian untuk menyelesaikan masalah klinis dan atau pengembangan ilmu keperawatan. Mata ajar penelitian kuantitatif akan membahas mengenai tahapan-tahapan proses penelitian kuantitatif secara mendalam dan komprehensif. Tahapan-tahapan dalam proses penelitian tersebut meliputi, penyusunan pendahuluan dan tujuan penelitian, pemilihan metode dan rancangan penelitian, kerangka kerja penelitian, variabel, populasi dan sampling, hipotesis, penyusunan instrumen penelitian, pengumpulan data dan manajemennya. Rancangan penelitain yang dibahas meliputi penelitian cross sectional dan case control, kohor dan randomized controlled trial. Topik mengenai data mining atau penggalian data khususnya mengembangkan analisa agar lebih luas terhadap data penelitian juga diberikan pada mata ajar ini agar lebih komprehensif.
Pada akhir pemrblajaran mahasiswa diharapkan mampu menyusun draft singkat proposal penelitian yang nantinya akan dijadikan tugas akhir menyelesaikan magister keperawatan
<p style=”text-align:justify”>Mata kuliah <strong>biostatistik</strong> merupakan salah satu mata kuliah dasar umum yang wajib diikuti mahasiswa di semester pertama. Mata kuliah ini mempelajari tentang teknik uji statistik yang dibutuhkan mahasiswa dalam melakukan penelitian (thesis).</p>
Keperawatan sebagai suatu profesi harus memiliki suatu landasan dan perlindungan hukum yang jelas. Perawat seharusnya mengetahui berbagai konsep hukum yang berkaitan dengan praktik keperawatan karena mereka mempunyai akuntabilitas terhadap keputusan dan tindakan profesional yang mereka lakukan. Mata kuliah etik legal dalam keperawatan ini memberikan pemahaman dan aplikasi aspek-aspek etika dan hukum dalam keperawatan. Fokus mata kuliah ini adalah pada konsep-konsep etika dan hukum terkait dengan praktik profesi kesehatan, khusunya praktek profesi keperawatan.
Diharapkan setelah pembelajaran mata kuliah ini mahasiswa mampu melakukan suatu keputusan dan tindakan keperawatan secara konsisten dengan menerapkan standar profesi, kode etik keperawatan, prinsip-prinsip hukum dan terlindungi dari liabilitas keperawatan dalam mengelola pelayanan dan asuhan keperawatan.
Mata kuliah sistem informasi keperawatan lanjut merupakan mata kuliah wajib dasar umum Program Studi Magister Keperawayan yang mempelajari konsep dasar dan beberapa aplikasi dari nursing informatics. Nursing informatics merupakan kombinasi antara cognitive science, computer science, information science. Mahasiswa akan mempelajari konsep sistem informasi dalam pelayanan kesehatan dan bagaimana sistem informasi tersbut dapat menunjang serta menjamin kualitas pelayanan keperawatan. Prinsip-prinsip yang harus diketahui agar pelayanan kesehatan dengan menggunakan sistem informasi kesehatan dapat berjalan efektif dan efisien. Mahasiswa juga akan mempelajari konsep nursing informatics untuk menunjang peningkatan status Kesehatan di masyarakat serta di dunia pendidikan keperawatan. Selain itu mahasiswa juga akan mempelajari peran kepemimpinan keperawatan dalam sistem informasi kesehatan.
Mata kuliah kepemimpinan dan manajemen keperawatan adalah mata kuliah wajib pada program studi magister keperawatan. Mata kuliah ini menggunakan kerangka sistem dan strategi berpikir kritis untuk mempelajari peran perawat professional dalam sistem pelayanan kesehatan. Teori manajemen, kepemimpinan, dan perubahan terkini dibahas dalam konteks praktik keperawatan. Berfokus kepada sintesis pengetahuan untuk mengembangkan pendekatan yang inovatif dan kreatif untuk meningkatkan praktik keperawatan.
Mata kuliah kepemimpinan dan manajemen keperawatan adalah mata kuliah wajib pada program studi magister keperawatan. Mata kuliah ini menggunakan kerangka sistem dan strategi berpikir kritis untuk mempelajari peran perawat professional dalam sistem pelayanan kesehatan. Teori manajemen, kepemimpinan, dan perubahan terkini dibahas dalam konteks praktik keperawatan. Berfokus kepada sintesis pengetahuan untuk mengembangkan pendekatan yang inovatif dan kreatif untuk meningkatkan praktik keperawatan.
Mata kuliah yang diajarkan pada semester kedua PSMK berisi mata kuliah wajib dasar umum (MKDU) dan mata kuliah minat, dengan total sks 14 sks. Adapun mata kuliah semester kedua, antara lain:
A. Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU)
Mata kuliah filsafat Ilmu merupakan mata kuliah wajib pada Program Studi Magister Keperawatan yang dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman yang komprehensif kepada mahasiswa untuk dapat mengeksplorasi dan menganalisis tentang ilmu secara filosofis. Pada mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menggabungkan pemahaman dan kemampuan menganalisis ilmu secara filosofis dalam memberikan penilaian terhadap situasi praktek keperawatan professional. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan mampu mengkaitkan ilmu filsafat dengan teori keperawatan pada suatu tatanan layanan keperawatan.
B. Mata Kuliah Wajib Minat
Mata kuliah yang diajarkan pada semester ketiga PSMK berisi mata kuliah elektif (MKE). Mahasiswa PSMK FK-KMK UGM dapat memilih salah satu MKE (2 SKS) yang tersedia. MKE akan diselenggarakan jika peminat MKE terdapat minimal 6 mahasiswa. Adapun mata kuliah semester kedua, antara lain:
A. Mata Kuliah Elektif (MKE)
Dalam English in Nursing ini mahasiswa diharapkan mampu untuk memiliki kemampuan dan kepercayaan diri dalam mengkomunikasikan inovasi pada bidang ilmu dan teknologi keperawatan dan kesehatan. Mahasiswa juga diharapkan mampu melaksanakan pendidikan kesehatan dengan menggunakan Bahasa Inggris. Dalam English in Nursing ini menggunakan berbagai metode pembelajaran. Selain ceramah, berbagai metode dengan student centered learning juga dilaksanakan, yaitu: small group discussion dan project-based learning.
Mata kuliah sains dalam keperawatan ini membahas tentang teori-teori keperawatan, dari aspek sejarah perkembangannya, penerapannya, sampai pada proses review, kritik, dan hasil penelitian terkait teori keperawatan
Mata kuliah riset kualitatif merupakan mata kuliah wajib pada program Studi Magister Keperawatan yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dasar tentang penelitian kualitatif dan mixed method untuk menyelesaikan masalah klinis dan pengembangan ilmu keperawatan. Mata Kuliah Riset Kualitatif akan membahas mengenai konsep tentang penelitian Kualitatif yang meliputi berbagai pendekatan kualitatif, tehnik, metode dan analisis penelitian.
Mata ajar riset kuantitatif merupakan mata kuliah wajib pada program Studi Magister Keperawatan yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dasar tentang penelitian kuantitatif sehingga mampu melakukan penelitian untuk menyelesaikan masalah klinis dan atau pengembangan ilmu keperawatan. Mata ajar penelitian kuantitatif akan membahas mengenai tahapan-tahapan proses penelitian kuantitatif secara mendalam dan komprehensif. Tahapan-tahapan dalam proses penelitian tersebut meliputi, penyusunan pendahuluan dan tujuan penelitian, pemilihan metode dan rancangan penelitian, kerangka kerja penelitian, variabel, populasi dan sampling, hipotesis, penyusunan instrumen penelitian, pengumpulan data dan manajemennya. Rancangan penelitain yang dibahas meliputi penelitian cross sectional dan case control, kohor dan randomized controlled trial. Topik mengenai data mining atau penggalian data khususnya mengembangkan analisa agar lebih luas terhadap data penelitian juga diberikan pada mata ajar ini agar lebih komprehensif.
Pada akhir pemrblajaran mahasiswa diharapkan mampu menyusun draft singkat proposal penelitian yang nantinya akan dijadikan tugas akhir menyelesaikan magister keperawatan
<p style=”text-align:justify”>Mata kuliah <strong>biostatistik</strong> merupakan salah satu mata kuliah dasar umum yang wajib diikuti mahasiswa di semester pertama. Mata kuliah ini mempelajari tentang teknik uji statistik yang dibutuhkan mahasiswa dalam melakukan penelitian (thesis).</p>
Keperawatan sebagai suatu profesi harus memiliki suatu landasan dan perlindungan hukum yang jelas. Perawat seharusnya mengetahui berbagai konsep hukum yang berkaitan dengan praktik keperawatan karena mereka mempunyai akuntabilitas terhadap keputusan dan tindakan profesional yang mereka lakukan. Mata kuliah etik legal dalam keperawatan ini memberikan pemahaman dan aplikasi aspek-aspek etika dan hukum dalam keperawatan. Fokus mata kuliah ini adalah pada konsep-konsep etika dan hukum terkait dengan praktik profesi kesehatan, khusunya praktek profesi keperawatan.
Diharapkan setelah pembelajaran mata kuliah ini mahasiswa mampu melakukan suatu keputusan dan tindakan keperawatan secara konsisten dengan menerapkan standar profesi, kode etik keperawatan, prinsip-prinsip hukum dan terlindungi dari liabilitas keperawatan dalam mengelola pelayanan dan asuhan keperawatan.
Mata kuliah sistem informasi keperawatan lanjut merupakan mata kuliah wajib dasar umum Program Studi Magister Keperawayan yang mempelajari konsep dasar dan beberapa aplikasi dari nursing informatics. Nursing informatics merupakan kombinasi antara cognitive science, computer science, information science. Mahasiswa akan mempelajari konsep sistem informasi dalam pelayanan kesehatan dan bagaimana sistem informasi tersbut dapat menunjang serta menjamin kualitas pelayanan keperawatan. Prinsip-prinsip yang harus diketahui agar pelayanan kesehatan dengan menggunakan sistem informasi kesehatan dapat berjalan efektif dan efisien. Mahasiswa juga akan mempelajari konsep nursing informatics untuk menunjang peningkatan status Kesehatan di masyarakat serta di dunia pendidikan keperawatan. Selain itu mahasiswa juga akan mempelajari peran kepemimpinan keperawatan dalam sistem informasi kesehatan.
Mata kuliah kepemimpinan dan manajemen keperawatan adalah mata kuliah wajib pada program studi magister keperawatan. Mata kuliah ini menggunakan kerangka sistem dan strategi berpikir kritis untuk mempelajari peran perawat professional dalam sistem pelayanan kesehatan. Teori manajemen, kepemimpinan, dan perubahan terkini dibahas dalam konteks praktik keperawatan. Berfokus kepada sintesis pengetahuan untuk mengembangkan pendekatan yang inovatif dan kreatif untuk meningkatkan praktik keperawatan.
Mata kuliah kepemimpinan dan manajemen keperawatan adalah mata kuliah wajib pada program studi magister keperawatan. Mata kuliah ini menggunakan kerangka sistem dan strategi berpikir kritis untuk mempelajari peran perawat professional dalam sistem pelayanan kesehatan. Teori manajemen, kepemimpinan, dan perubahan terkini dibahas dalam konteks praktik keperawatan. Berfokus kepada sintesis pengetahuan untuk mengembangkan pendekatan yang inovatif dan kreatif untuk meningkatkan praktik keperawatan.
Thesis (8 sks)
Mahasiswa akan merancang penelitian, pengambilan data, analisis data, dan mengikuti ujian tesis. Serangkaian ujian tesis terdiri dari ujian proposal, ujian terbuka, dan ujian tertutup.
Mahasiswa program studi magister keperawatan menempuh studi di lingkungan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM yang berlokasi di sebelah barat dari gedung pusat universitas. FK-KMK UGM menyediakan lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif. Mahasiswa UGM dapat mengakses perpustakaan universitas dan fakultas, jurnal online, databases, dan sumber belajar lainnya menggunakan Single-Sign On (SSO).
Fasilitas-fasilitas yang tersedia sebagai berikut:
Gedung Pascasarjana Tahir Foundation, terdiri dari:
Gedung Ismangoen, terdiri:
Fasilitas lain, terdiri dari:
Praktik klinik keperawatan diselenggarakan di Rumah Sakit jejaring di bawah Academic Health System (AHS) (RSUP Dr. Sardjito, RSUD Banyumas), Puskesmas (Imogiri, Mlati, and Depok), dan Balai Pelayanan Sosial Tresna Wredha (PSTW Abhiyoso and Budhi Luhur).
Layanan dukungan mahasiswa:
* Link hanya bisa diakses menggunakan email UGM
* Link hanya bisa diakses menggunakan email UGM
KANTOR
Gedung Tahir Foundation Lantai 7 Sayap Selatan, Jalan Farmako Sekip Utara, Sleman, Yogyakarta, 55281
Telepon: (0274) 541569
Fax: 0274-631204
EMAIL
magisterkeperawatan@ugm.ac.id
Ada, selain syarat-syarat yang sudah tercantum dalam laman prosedur pendaftaran https://um.ugm.ac.id/persyaratan-pendaftaran-magister/ pendaftar juga harus memenuhi syarat khusus Program Studi Magister Keperawatan, antara lain:
Catatan:
*) Pendaftar yang memenuhi syarat minimal TOEFL (400) dan TPA UGM (450) akan tetap dnyatakan lolos seleksi administrasi dan berhak mengikuti seleksi wawancara. Pendaftar yang nilainya belum memenuhi syarat minimal prodi akan diminta membuat pernyataan kesanggupan untuk melakukan perbaikan nilai TOEFL/ TPA sampai memenuhi skor minimal prodi sebagai salah satu syarat mengikuti yudisium.
Untuk pendaftar yang sedang mengajukan beasiswa atau telah lolos seleksi beasiswa baik LPDP atau beasiswa apapun, dapat mendaftar dengan memilih jalur Reguler dengan skema Pelamar Beaiswa.
Cukup memberikan bukti lolos seleksi beasiswa saja. Untuk Letter of Sponsorship diberikan ketika melakukan registrasi ulang.
Iya, Program Studi Magister Keperawatan memberikan Defer bagi calon mahasiswa yang sudah lolos seleksi PMB yang ingin mendaftar beasiswa. Defer diberikan selama 1 tahun (antar semester ganjil).
Iya, Program Studi Magister Keperawatan akan memberikan Letter of Acceptance (LoA) bagi pendaftar yang telah dinayatakn lolos seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru.