Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan
Universitas Gadjah Mada
Program Studi Magister Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM secara resmi dibuka pada tahun 2011 berdasarkan Surat Keputusan Rektor UGM No. 449/P/SK/HT/2011. Sampai saat ini Program Studi Magister Keperawatan telah membuka beberapa peminatan, antara lain
Program Studi Magister Keperawatan, diselenggarakan paling cepat lebih dari 2 semester dengan lama studi maksimum 6 semester. Lulusan program studi ini akan mendapatkan gelar Master of Nursing Science (MN.Sc).
Menjadi Program Studi Magister Keperawatan berstandar Internasional yang inovatif dan unggul, serta senantiasa mengabdi pada kepentingan bangsa berdasarkan Pancasila.
Menyelenggarakan pendidikan tinggi keperawatan tingkat pascasarjana untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat melalui kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pelayanan yang unggu, berdasarkan kearifan lokal, etika, profesionalisme, dan keilmuan berbasis bukti.
Profil yang ingin dihasilkan oleh program ini adalah
Saat ini Program Studi Magister Keperawatan telah terakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM PT-Kes) dengan nomor SK: 0236/LAM- PTKes/Akr/Mag/V/2019 dan memperoleh Peringkat A (sangat baik). Program Studi Magister Keperawatan juga telah mendapatkan sertifikasi AUN-QA pada tanggal 11 Juli 2021.
Lama studi program studi magister keperawatan FK-KMK UGM mengacu pada SK Rektor Nomor 11 tahun 2016:
Kurikulum PSMK FK-KMK UGM terdiri dari :
Mata kuliah aplikasi teori keperawatan dan penerapan SNL dalam keperawatan maternitas merupakan mata ajar inti wajib untuk magister keperawatan yang diberikan pada semester kedua. Beban studi mata ajar ini adalah sebesar 2 SKS. Bentuk pengalaman belajar meliputi kuliah, diskusi, penugasan dan studi kasus. Mata ajar ini berisi tentang teori-teori keperawatan dan pendekatan SNL yang diaplikasikan khusus dalam pemberian asuhan keperawatan maternitas. Mata kuliah ini juga menyampaikan betapa pentingnya standarisasi bahasa dalam memberikan asuhan keperawatan.
Mata kuliah ini mempelajari peran dan status wanita di Indonesia dan beberapa negaradi dunia. Selain itu juga mempelajari upaya promosi kesehatan dengan pencegahanprimer, sekunder dan tersier terhadap masalah-masalah dan penyakit yang terkaitdengan kesehatan reproduksi, meningkatkan kualitas hidup disepanjang sikluskehidupan wanita secara individual, kelompok dan keluarga di dalam masyarakat. Upaya ini juga melibatkan pria untuk berpartisipasi mengembangan promosikesehatan wanita.
Mata ajaran ini dirancang untuk memberikan kemampuan pada mahasiswa dalam memberikan asuhan keperawatan yang holistik dalam merawat klien selama kehamilan, persalinan dan postnatal serta bayinya (neonatus). Fokus pembahasan pada teori keperawatan dan prinsip penatalaksanaan klien dengan penekanan pada kebutuhan bio-psiko sosio-kultural dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan selama periode kehamilan, persalinan, postnatal dan bayinya. Penerapan proses keperawatan dalam pengkajian dan pengelolaan klien (maternal) termasuk bayi dan keluarganya ditujukan pada kondisi klien normal dan yang mengalami risiko/komplikasi.
Mata kuliah ini mempelajari trend terkini dalam keperawatan maternitas baik di Indonesia maupun contoh di beberapa negara di dunia diantaranya kebijakan perawatan kesehatan ibu dan anak, Undang-undang terkait kesehatan perempuan dan anak, trend perawatan selama kehamilan, melahirkan dan pasca melahirkan dan gangguan kesehatan reproduksi pada perempuan serta peran dan fungsi kolegium dalam keperawatan Maternitas.
Mata ajar (MA) ini merupakan aplikasi teori dan konsep keperawatan, Standardized Nursing Language (SNL) dalam memberikan asuhan keperawatan maternitas dan pelayanan kesehatan wanita. Penekanan MA ini adalah menerapkan strategi terbaru dalam memberikan asuhan keperawatan maternitas pada klien terkait dengan kesehatan reproduksi, meningkatkan kesehatan wanita usia subur, ibu hamil, ibu yang melahirkan, ibu postpartum dan bayi sampai dengan 40 hari pada kondisi yang beresiko tinggi serta wanita di luar masa kehamilan dengan gangguan sistem reproduksi.
Mata ajar ini merupakan aplikasi teori dan konsep keperawatan, Standardized Nursing Language (SNL) dalam memberikan asuhan keperawatan maternitas dan pelayanan kesehatan wanita. Penekanan MA ini adalah menerapkan strategi terbaru dalam memberikan asuhan keperawatan maternitas pada klien terkait dengan kesehatan reproduksi, meningkatkan kesehatan wanita usia subur, ibu hamil, ibu yang melahirkan, ibu postpartum dan bayi sampai dengan 40 hari pada kondisi risiko tinggi serta wanita di luar masa kehamilan dengan gangguan sistem reproduksi.
Mata ajaran ini dirancang untuk memberikan kemampuan pada mahasiswa dalam menguasai konsep asuhan keperawatan anak yang holistik dalam konteks keluarga secara mendalam sebagai dasar dalam memberikan asuhan keperawatan yang aman dan efektif pada anak dan keluarganya. Fokus pembahasan pada teori dan konsep keperawatan anak yang meliputi tren dan isu keperawatan anak, pertumbuhan dan perkembangan dalam seluruh siklus kehidupan serta prinsip-prinsip penerapan konsep asuhan keperawatan anak yang holistik dan atraumatik sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan baik sehat maupun sakit, di rumah, masyarakat, rumah sakit dan tempat pelayanan kesehatan lainnya.
Mata Kuliah Aplikasi Teori Keperawatan Dan Pendekatan NANDA, NOC, NIC Dalam Keperawatan Anak memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam menguasai beberapa teori atau model keperawatan dan aplikasinya dalam merumuskan rencana asuhan keperawatan dengan menggunakan standardized nursing language (NANDA, NIC dan NOC) dalam memprioritaskan diagnosis keperawatan, mengindentifikasi rencana intervensi keperawatan dan outcome/tujuan yang akan dicapai dalam pemberian asuhan keperawatan kepada klien dan keluarganya dengan keadaan sehat maupun sakit dalam tatanan pelayanan kesehatan klinik dan komunitas. RPKPS ini berfokus pada pembahasan tentang teori atau model keperawatan yang dapat digunakan dalam memberikan asuhan keperawatan pada klien anak dan keluarganya seperti Theory of Comfort, Orem’s Self-Care/Dependent-Care Deficit, Theory of Maternal Role Attainment-Becoming a Mother, Health Promotion Model, Adaptation Model serta pengenalan penggunaan standardized nursing language (NANDA, NIC dan NOC) dalam pemberian asuhan keperawatan pada area keperawatan anak.
Mata kuliah Pengkajian anak lanjut merupakan mata kuliah wajib yang akan membahas tentang pengkajian pada neonatus sampai remaja baik sehat maupun sakit pada seluruh sistem fungsi tubuh yang terdiri dari pengkajian riwayat kesehatan (history talking), pengkajian perkembangan (developmental assessment), pengkajian fisik (Physical assessment), pengkajian nutrisi (Nutritional assessment) dan pengkajian keluarga (Family assessment) serta pengkajian system berdasarkan bukti ilmiah (evidence based).
Mata ajaran ini dirancang untuk memberikan kemampuan pada mahasiswa dalam menguasai konsep asuhan keperawatan anak secara mendalam dengan menggunakan pendekatan promosi kesehatan yang berpusat pada keluarga sebagai dasar dalam memberikan asuhan keperawatan yang aman dan efektif pada anak dan keluarganya sesuai tingkat pertumbuhan dan perkembangannya. Fokus pembahasan pada teori dan konsep keperawatan anak yang meliputi teori dan konsep terkait dengan pendekatan promosi kesehatan pada anak dan keluarga yang meliputi promosi kesehatan dalam aspek pola pemeliharaan dan persepsi terhadap kesehatan, nutrisi, ASI, aktivitas, tidur dan istirahat, eliminasi, role relationship, koping, kognitif dan persepsi diri, konsep diri, seksualitas dan struktur nilai sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan baik sehat maupun sakit, di rumah, masyarakat, rumah sakit dan tempat pelayanan kesehatan lainnya.
Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan kemampuan pada mahasiswa dalam menguasai konsep asuhan keperawatan anak secara mendalam dengan menggunakan pendekatan manajemen penyakit baik akut maupun kronik yang berpusat pada keluarga sebagai dasar dalam memberikan asuhan keperawatan yang aman dan efektif pada anak dan keluarganya sesuai tingkat pertumbuhan dan perkembangannya. Fokus pembahasan pada teori dan konsep keperawatan anak yang meliputi teori dan konsep terkait dengan pendekatan manajemen penyakit pada anak dengan penyakit infeksi, gangguan sistem imun, disfungsi pernafasan, gastrointestinal, hematologik, kardiovaskular, genitourinaria, muskuloskeletal dan neuromuskular, neurologi dan kognitif, endokrin, kanker, injuri dan keracunan, genetik dan bayi yang memerlukan penanganan intensif baik akut maupun kronik dengan menggunakan proses keperawatan serta menekankan pada strategi pendidikan kesehatan dan pencegahan penyakit sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangannya, di rumah, masyarakat, rumah sakit dan tempat pelayanan kesehatan lainnya.
TMata kuliah Manajemen Pelayanan Perawatan Pada Anak Sakit secara umum akan mempelajari manajemen pelayanan perawatan anak pada tatanan pelayanan di RS dengan sistem penjaminan mutu pelayanan kesehatan anak di RS melalui akreditasi nasional Rumah Sakit dan akreditasi JCI.
Konsep Dasar KMB merupakan mata kuliah yang meliputi konsep – konsep dasar dalam penanganan kasus medikal bedah terkait upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif berdasarkan pembuktian ilmiah. Pada akhir mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu berpikir kritis dalam menerapkan berbagai konsep dasar dalam KMB untuk menyelesaikan berbagai permasalahan pasien kasus KMB.
Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah wajib minat yang mempelajari patient safety dalam kasus medikal bedah. Mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan prinsip patient safety dalam pemberian asuhan keperawatan medikal bedah.
Mata ajaran ini merupakan mata kuliah wajib peminatan yang diberikan pada semester 2. Mata ajaran ini dirancang untuk memberikan kemampuan pada mahasiswa dalam menguasai konsep asuhan Keperawatan Medikal Bedah yang holistik secara mendalam sebagai dasar dalam memberikan asuhan keperawatan yang aman dan efektif pada klien dewasa dan keluarganya. Fokus pembahasan pada teori dan konsep keperawatan pada pasien dengan acute illness, injury atau kondisi memburuknya suatu penyakit pada Keperawatan Medikal Bedah
Keperawatan Medikal Bedah (KMB) Lanjut II merupakan Mata kuliah minat wajib yang berfokus pada integrasi dan aplikasi konsep-konsep keperawatan pada pasien penyakit kronis dengan mengedepankan evidence based practice. Mata Kuliah KMB Lanjut II diberikan bagi mahasiswa Program Magister Keperawatan pada Semester II. Mata ajar ini merupakan mata ajar pilihan yang dianjurkan untuk peminatan Keperawatan Medikal Bedah. Pengalaman belajar diberikan dengan metode ceramah, diskusi, case study dan kunjungan/visitasi dengan partisipasi aktif peserta didik. Metode evaluasi meliputi ujian tulis, penugasan kreatif essay, presentasi final project serta partisipasi aktif dalam diskusi.
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang mengaplikasikan teori keperawatan dalam proses keperawatan yang meliputi pengkajian, penegakan diagnosa keperawatan, perencanaan, implemetasi dan evaluasi keperawatan dengan menggunakan SNL (NANDA, NOC, NIC) berfokus pada kasus keperawatan medikal bedah. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa magister keperawatan yang mengambil minat Keperawatan Medikal Bedah. Aktivitas pembelajaran terdiri dari ceramah, diskusi, studi kasus, belajar mandiri, studi lapangan, dan seminar. Metode evaluasi dilakukan secara formatif dan sumatif.
TMata kuliah minat wajib yang berfokus pada integrasi dan aplikasi konsep-konsep keperawatan paliatif pada pasien penyakit terminal dan atau penyakit yang tidak mungkin disembuhkan (incurable) dengan mengedepankan evidence-based practice. Pada Mata kuliah ini mahasiswa mempelajari tentang konsep perawatan paliatif yang terintegrasi bagi pasien yang memerlukan penanganan paliatif termasuk managemen gejala, pendekatan berfokus pada pasien (Patient-centered care) sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dan keluarganya. Mahasiswa juga mempelajari tentang perawatan End of Life, Ethic dalam perawatan paliatif, bereavement family, dan quality of death dalam upaya membantu pasien menghadapi dying with dignity.
Mata ajar Dasar Keperawatan Gawat Darurat merupakan mata kuliah wajib pada program Studi Magister Keperawatan minat keperawatan gawat darurat yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dasar tentang keperawatan gawat darurat dan prinsip-prinsip dasar keperawatan gawat darurat. Mata Kuliah Dasar Keperawatan Gawat Darurat akan membahas mengenai skills asessment: ABCDE dan initial asessment & uji diagnostik: laboratorium; Emergency Medical System; penerapan praktik profesional, etis, legal, peka budaya; lingkungan aman untuk pasien keluarga dan staf; menerapkan sistem pelayanan gawat darurat pada kondisi: 1) emergensi sehari-hari, 2) mass casualty dan 3) bencana; triage gawat darurat; profesionalisme dan kepemimpinan: systematic review pada academic literature gawat darurat; guideline pada academic literature gawat darurat; prinsip prinsip emergensi: konsep safety, risiko dan infeksi nosokomial serta edukasi (health promotion in emergency case).
Mata Kuliah Keperawatan Gawat Darurat 1 merupakan mata kuliah wajib di Peminatan Keperawatan Gawat Darurat pada program Studi Magister Keperawatan yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman tentang keperawatan gawat darurat lanjut sebagai salah satu acuan dalam menyelesaikan masalah klinis dan pengembangan ilmu keperawatan. Mata Kuliah Keperawatan Gawat Darurat akan membahas mengenai uji diagnostik, proses keperawatan, komunikasi dan transportasi dalam system penanggulangan gawat darurat, keperawatan, trend an berbagai isu terkait keperawatan gawat darurat dan manajemen shock pasien gawat darurat
Mata Kuliah Keperawatan Gawat Darurat 2 merupakan mata kuliah wajib di Peminatan Keperawatan Gawat Darurat pada program Studi Magister Keperawatan yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman tentang keperawatan gawat darurat lanjut sebagai salah satu acuan dalam menyelesaikan masalah klinis dan pengembangan ilmu keperawatan. Mata Kuliah Keperawatan Gawat Darurat akan membahas mengenai bantuan hidup dasar dan bantun hidup lanjut, kegawat daruratan pada system, manajemen symptom pada kondisi gawat darurat dan aplikasi guidelines dan literature review pada gawat darurat.
Mata ajar Disaster Nursing I merupakan mata kuliah wajib pada program Studi Magister Keperawatan yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dasar tentang keperawatan bencana penelitian kuantitatif untuk menyelesaikan masalah klinis dan pengembangan ilmu keperawatan. Mata kuliah Disaster Nursing I akan membahas mengenai konsep bencana, Disaster Management Continuum, konsep Community Disaster Preparedness, Hospital Preparedness, local wisdom dalam penanggulangan bencana, aspek etik dan legal dalam penanggulangan bencana, Incident Command System (ICS) pada penanggulangan bencana, pengelolaan data dan informasi dalam bencana, koordinasi dan kolaborasi dalam penanggulangan bencana.
Mata ajar Disaster Nursing II merupakan mata kuliah wajib pada program Studi Magister Keperawatan yang merupakan kelanjutan dari mata kuliah Disaster Nursing II. Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lanjut terkait keperawatan bencana. Mata kuliah Disaster Nursing II akan membahas mengenai Disaster Management untuk Kelompok Rentan (Anak, lansia, bumil, OBK, Penyakit kronik, Foreigners), Community Empowerment pada penanggulangan bencana (Poster, pengmas), Natural Hazard Disaster management, Biohazard Disaster Management, Chemical and Radiology Hazard Disaster Management, Decontamination and Isolation, Manajemen Shelter, Manajemen Logistik dalam Bencana, Konsep training dalam bencana, Konsep Simulasi dalam bencana
Mata Kuliah Aplikasi Keperawatan Gawat Darurat dan bencana merupakan mata kuliah wajib di Peminatan Keperawatan Gawat Darurat pada program Studi Magister Keperawatan yang dimaksudkan untuk memberikan pengalaman inovasi dan ketrampilan klinis tentang beberapa aspek khusus yang diperlukan bagi perawat gawat darurat dan bencana yang diperlukan pada situasi gawat darurat. Mata Kuliah Aplikasi Keperawatan Gawat Darurat dan akan membahas mengenai tim medis reaksi cepat, resusitasi pada kegawatdaruratan dan aplikasi pencegahan bencana yang diterapkan di Badan penanggulangan bencana daerah propinsi DIY.
Mata kuliah Elektif Complementary Alternative Therapy akan diselesaikan dalam waktu satu semester. Mata kuliah ini terdiri dari beberapa topik antara lain: Gambaran umum terapi alternatif komplementer/ Identifikasi masalah Kesehatan dan risiko masalah Kesehatan dengan terapi alternatif komplementer, Aplikasi terapi alternatif komplementer Su Jok Berbagai metode pembelajaran akan diterapkan selama proses pembelajaran di blok elektif sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan, yaitu: kuliah dan diskusi, seminar, demonstrasi dan simulasi, serta praktik lapangan dalam bentuk pengabdian masyarakat. Setiap kegiatan tersebut akan dilakukan evaluasi untuk menilai pencapaian kompetensi mahasiswa. Evaluasi untuk menilai pencapaian kompetensi dilakukan dengan menggunakan evaluasi formatif dan sumatif yang terdiri dari ujian akhir blok, nilai seminar, nilai penugasan individu, nilai laporan praktik lapangan dan presentasi praktik lapangan. Penilaian profesional behavior dilakukan secara reguler sesuai format yang telah dibuat dan aktivitas yang dilakukan mahasiswa.
A. Registrasi mata kuliah
Registrasi mata kuliah dilakukan oleh setiap mahasiswa baru dan mahasiswa lama sebelum pembelajaran semester dimulai tepatnya pada periode registrasi. Registrasi dilakukan dengan mengisi rencana studi secara daring pada simaster mahasiswa. Rencana studi mencakup nama mata kuliah dan beban sks yang akan diambil pada pembelajaran semester. Rencana studi yang diajukan perlu mendapat persetujuan dari dosen pembimbing akademik secara daring dan persetujuan dari Ketua Program Studi Magister Keperawatan secara daring melalui: https://simaster.ugm.ac.id/
B. Kegiatan pembelajaran
Buku panduan akademik menyediakan informasi dan saran yang komprehensif tentang program magister secara keseluruhan. Mahasiswa akan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Akademik (DPA) selama belajar di PSMK dan dua Dosen Pembimbing Tesis. Mahasiswa didorong untuk berinteraksi dengan semua civitas akademika dan terlibat dalam berbagai agenda seperti summer/winter course, konferensi, seminar, workshop, kompetisi, dll.
C. Metode evaluasi
Evaluasi hasil belajar:
Pemantauan dan evaluasi studi:
D. Prosedur Banding Akademik Mahasiswa
Mahasiswa berhak mengajukan banding atas keputusan akademis dan rekomendasi yang dibuat oleh Dewan Penguji dan Dewan Program Studi (yang bertindak atas nama mereka) yang mempengaruhi kemajuan akademis mereka. Prosedur ini menetapkan dasar banding yang diijinkan dan mekanisme dimana hak tersebut dapat dilaksanakan. Prosedur ini juga menetapkan dasar dimana banding akademis tidak diperbolehkan.
E. Syarat Yudisium
Berdasarkan hasil workshop sosialisasi peraturan Rektor No. 2 Tahun 2023 tentang pendidikan yang diselenggarakan pada tanggal 3 Mei 2023, FK-KMK melalui Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan akan menyelenggarakan yudisium akademik setiap bulan.
Sehubungan dengan hal tersebut, bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan ujian tetutup, harap segera menyelesaikan revisi dan mendaftarkan yudisium sesuai dengan peraturan Rektor No. 2 Tahun 2023 dan panduan akademik PSMK:
F. Syarat Kelulusan
Mahasiswa program studi magister keperawatan menempuh studi di lingkungan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM yang berlokasi di sebelah barat dari gedung pusat universitas. FK-KMK UGM menyediakan lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif. Mahasiswa UGM dapat mengakses perpustakaan universitas dan fakultas, jurnal online, databases, dan sumber belajar lainnya menggunakan Single-Sign On (SSO).
Fasilitas-fasilitas yang tersedia sebagai berikut:
Gedung Pascasarjana Tahir Foundation, terdiri dari:
Gedung Ismangoen, terdiri:
Fasilitas lain, terdiri dari:
Praktik klinik keperawatan diselenggarakan di Rumah Sakit jejaring di bawah Academic Health System (AHS) (RSUP Dr. Sardjito, RSUD Banyumas), Puskesmas (Imogiri, Mlati, and Depok), dan Balai Pelayanan Sosial Tresna Wredha (PSTW Abhiyoso and Budhi Luhur).
Layanan dukungan mahasiswa:
KANTOR
Gedung Tahir Foundation Lantai 7 Sayap Selatan, Jalan Farmako Sekip Utara, Sleman, Yogyakarta, 55281
Telepon: (0274) 541569
Fax: 0274-631204
EMAIL
magisterkeperawatan@ugm.ac.id
Competence, Altruism, Respect, Empathy
© 2022 NURSING UGM