PROGRAM STUDI MAGISTER KEPERAWATAN

Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan
Universitas Gadjah Mada

Profil Program Studi Magister Keperawatan

Program Studi Magister Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM secara resmi dibuka pada tahun 2011 berdasarkan Surat Keputusan Rektor UGM No. 449/P/SK/HT/2011. Sampai saat ini Program Studi Magister Keperawatan telah membuka beberapa peminatan, antara lain

  1. Peminatan Keperawatan Medikal Bedah
  2. Peminatan Keperawatan Anak
  3. Peminatan Keperawatan Maternitas
  4. Peminatan Keperawatan Gawat Darurat
  5. Peminatan Keperawatan Jiwa
  6. Peminatan Keperawatan Komunitas
  7. Peminatan Manajemen Keperawatan

Program Studi Magister Keperawatan, diselenggarakan paling cepat lebih dari 2 semester dengan lama studi maksimum 6 semester. Lulusan program studi ini akan mendapatkan gelar Master of Nursing Science (MN.Sc).

Visi dan Misi Program Studi

Visi

Menjadi Program Studi Magister Keperawatan berstandar Internasional yang inovatif dan unggul, serta senantiasa mengabdi pada kepentingan bangsa berdasarkan Pancasila.

Misi 

Menyelenggarakan pendidikan tinggi keperawatan tingkat pascasarjana untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat melalui kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pelayanan yang unggu, berdasarkan kearifan lokal, etika, profesionalisme, dan keilmuan berbasis bukti.

Tujuan

  1. Menjadikan PSMK FK-KMK UGM sebagai institusi pendidikan keperawatan yang berstandar internasional yang inovatif dan unggul melalui:
  2. Pendidikan tinggi keperawatan yang berkualitas dalam rangka menghasilkan lulusan yang unggul dan kompeten,
  3. Produk penelitian keperawatan yang menjadi rujukan nasional yang berwawasan lingkungan dan responsif terhadap permasalahan masyarakat, bangsa, dan negara,
  4. Pengabdian masyarakat yang mampu mendorong kemandirian dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan
  5. Kerjasama yang strategis, sinergis, dan berkelanjutan dengan para mitra

Sasaran

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi keperawatan yang berkualitas dalam rangka menghasilkan lulusan yang unggul dan kompeten
    1. Meningkatkan kompetensi lulusan
    2. Terciptanya sistem pembelajaran intra, ko, dan ekstra kurikuler yang mampu menjawab tantangan lokal, nasional, dan global
    3. Berkontribusi dalam pencapaian reputasi universitas yang menunjukkan keunggulan bangsa
  2. Produk penelitian keperawatan yang menjadi rujukan nasional yang berwawasan lingkungan dan responsif terhadap permasalahan masyarakat, bangsa, dan negara
    1. Tersedianya sumber daya yang berkualitas dan memadai dalam pengembangan penelitian yang mengutamakan kemanfaatan
    2. Berkontribusi dalam pencapaian kualitas dan kuantitas hasil penelitian yang relevan dengan arah kebijakan universitas
    3. Meningkatkan publikasi dan inkubasi hasil penelitian
  3. Pengabdian masyarakat yang mampu mendorong kemandirian dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan
    1. Meningkatkan kapasitas lembaga/unit yang membidangi urusan pengabdian kepada masyarakat
    2. Mengembangkan pengabdian masyarakat berbasis riset

Profil Lulusan

Profil yang ingin dihasilkan oleh program ini adalah

  1. Educator
    • Mampu mengembangkan rancangan pembelajaran di area keperawatan melalui pendekatan prinsip-prinsip pembelajaran orang dewasa serta untuk pengembangan kinerja profesional di area keperawatan berbasis bukti.
  2. Researcher
    • Mampu menghasilkan produk penelitian sebagai basis untuk penyelesaian masalah perumusan kebijakan dan pengembangan keilmuan.
    • Mampu mendiseminasikan hasil penelitian melalui publikasi nasional dan/atau internasional.
  3. Inter-professional health provider
    • Mampu berkolaborasi dengan profesi kesehatan yang lain dalam mengembangkan keperawatan/kesehatan.
  4. Leader/Manager
    • Mampu mengembangkan tata kelola pelayanan keperawatan/kesehatan di berbagai tatanan layanan kesehatan dengan pendekatan proses manajemen dan mempertimbangkan aspek legal etis serta kebijakan baik di tingkat lokal maupun nasional.
  5. Innovator
    • Mampu mengembangkan inovasi pada tatanan keperawatan/kesehatan berbasis fakta dan teknologi.
  6. Advocator
    • Mampu berkontribusi dalam pembuatan kebijakan untuk kepentingan klien, masyarakat dan profesi keperawatan melalui kemampuan negosiasi dan mempertimbangkan prinsip-prinsip komunikasi efektif.

Akreditasi Program Studi

Saat ini Program Studi Magister Keperawatan telah terakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM PT-Kes) dengan nomor SK: 0236/LAM- PTKes/Akr/Mag/V/2019 dan memperoleh Peringkat A (sangat baik). Program Studi Magister Keperawatan juga telah mendapatkan sertifikasi AUN-QA pada tanggal 11 Juli 2021.

SK LAM PTKes Akreditasi Program Studi Magister Keperawatan
Sertifikat AUN QA Magister Keperawatan

Kurikulum Program Studi

Lama studi program studi magister keperawatan FK-KMK UGM mengacu pada SK Rektor Nomor 11 tahun 2016:

  1. Lama studi ditempuh paling cepat lebih dari 2 semester paling lama 6 semester. Lama studi dihitung sejak terdaftar menjadi mahasiswa sampai yudisium.
  2. Beban studi minimal 44 sks (kegiatan perkuliahan minimal 36 sks dan tesis 8 sks)

Kurikulum PSMK FK-KMK UGM terdiri dari :

  1. Kelompok mata kuliah wajib/MKDU (20 sks)
  2. Kelompok mata kuliah minat (12 sks)
  3. Kelompok mata kuliah pilihan bebas/elektif (minimal 2 sks).
  4. Tesis (8 sks)

  1. Filsafat Ilmu (2 sks)
  1. Sains dalam Keperawatan (2 sks)
    Mata kuliah Science in Nursing merupakan mata kuliah wajib pada Program Studi Magister Keperawatan yang dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman yang komprehensif kepada mahasiswa untuk dapat mengeksplorasi dan menganalisis tentang ilmu secara filosofis dan teori keperawatan. Pada mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menggabungkan pemahaman dan kemampuan menganalisis ilmu secara filosofis dan teori keperawatan dalam memberikan penilaian terhadap situasi praktek keperawatan professional. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan mampu membuat rancangan aplikasi suatu model atau teori keperawatan pada suatu tatanan layanan keperawatan.
  1. Penelitian Kuantitatif (2 sks)
    Mata ajar Riset Kuantitatif merupakan mata kuliah wajib pada program Studi Magister Keperawatan yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dasar tentang penelitian kuantitatif sehingga mampu melakukan penelitian untuk menyelesaikan masalah klinis dan atau pengembangan ilmu keperawatan.
    Mata Kuliah Riset Kuantitatif akan membahas mengenai tahapan-tahapan proses penelitian kuantitatif secara mendalam dan komprehensif. Tahapan-tahapan dalam proses penelitian tersebut meliputi, penyusunan pendahuluan dan tujuan penelitian, pemilihan metode dan rancangan penelitian, kerangka kerja penelitian, variabel, populasi dan sampling, hipotesis, penyusunan instrumen penelitian, pengumpulan data dan manajemennya. Rancangan penelitain yang dibahas meliputi penelitian cross sectional dan case control, cohort dan randomized controlled trial. Topik mengenai data mining atau penggalian data khususnya mengembangkan analisa agar lebih luas terhadap data penelitian juga diberikan pada mata ajar ini agar lebih komprehensif.
  1. Penelitian Kualitatif (2 sks)
    Mata ajar Riset Kualitatif merupakan mata kuliah wajib pada program Studi Magister Keperawatan yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dasar tentang penelitian kualitatif dan mixed method untuk menyelesaikan masalah klinis dan pengembangan ilmu keperawatan. Mata Kuliah Riset Kualitatif akan membahas mengenai konsep tentang penelitian Kualitatif yang meliputi berbagai pendekatan kualitatif, tehnik, metode dan analisis penelitian. Pada mata kuliah ini juga akan dipaparkan tentang mixed method.
  1. Biostatistik (2 sks)
    Biostatistik ialah studi tentang perkembangan dan aplikasi metode statistika dalam menganalisa dan memecahkan masalah kesehatan maupun penelitian biomedis, klinis, dan keperawatan. Mata ajar ini dirancang untuk memberikan pemahaman dan ketrampilan pokok tentang ilmu biostatistik yang menjadi salah satu kompetensi dasar (core competencies) bagi seseorang dengan pendidikan magister keperawatan. Konsep-konsep pokok ilmu biostatistik akan diajarkan dengan mengambil contoh-contoh permasalahan sehari-hari yang dihadapi oleh perawat. Mahasiswa akan diajarkan secara mandiri dan berkelompok agar dapat menerapkan konsep-konsep biostatistik tersebut. Selain melalui kuliah-kuliah di kelas, mahasiswa akan melakukan praktikum untuk latihan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari masalah yang diajukan dan kemudian mereka harus mengerjakan pekerjaan rumah secara mandiri. Masalah-masalah tersebut akan diambil dari masalah nyata dari lapangan, atau masalah yang dipublikasikan dalam jurnal-jurnal ilmiah dibidang keperawatan.
  1. Etik Legal dalam Keperawatan (2 sks)
    Keperawatan sebagai suatu profesi harus memiliki suatu landasan dan perlindungan hukum yang jelas. Para perawat seharusnya mengetahui berbagai konsep hukum yang berkaitan dengan praktik keperawatan karena mereka mempunyai akuntabilitas terhadap keputusan dan tindakan profesional yang mereka lakukan. Mata Kuliah ini memberikan pemahaman dan aplikasi aspek-aspek etika dan hukum dalam keperawatan. Mata kuliah Etika dan Hukum Keperawatan diberikan bagi mahasiswa Program Magister Keperawatan pada Semester I. Mata kuliah ini merupakan mata ajar wajib, berfokus pada konsep-konsep etika dan hukum terkait dengan praktik profesi kesehatan, khusunya praktek profesi keperawatan.
    Diharapkan setelah pembelajaran mata kuliah ini mahasiswa mampu melakukan suatu keputusan dan tindakan keperawatan secara konsisten dengan menerapkan standar profesi, kode etik keperawatan, prinsip-prinsip hukum dan terlindungi dari liabilitas keperawatan dalam mengelola pelayanan dan asuhan keperawatan.
    Pengalaman belajar diberikan dengan metode ceramah, diskusi kasus dan presentasi kelompok dengan partisipasi aktif peserta didik. Metode evaluasi meliputi ujian tulis, penugasan penyusunan makalah dan presentasi serta partisipasi aktif dalam diskusi.
  1. Sistem Informasi Keperawatan Lanjut (2 sks)
  1. Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan (2 sks)
    Mata kuliah Kepemimpinan dalam Keperawatan adalah mata kuliah wajib pada program studi magister keperawatan. Mata kuliah ini menggunakan kerangka system dan strategi berpikir kritis untuk mempelajari peran perawat professional dalam system pelayanan kesehatan. Teori manajemen, kepemimpinan, dan perubahan terkini dibahas dalam konteks praktik keperawatan. Berfokus kepada sintesis pengetahuan untuk mengembangkan pendekatan yang inovatif dan kreatif untuk meningkatkan praktik keperawatan. Secara garis besar mata kuliah ini terbagi kedalam empat modul yaitu leadership, finance & budgeting, quality improvement, dan healthcare policies & healthcare informatics.
  1. Pendidikan dalam Keperawatan dan Interprofesional (2 sks)
    Mata kuliah Pendidikan Dalam Keperawatan di Program studi Magister Keperawatan Program ini akan memberikan pemahaman dan aplikasi student centered learning (SCL) dalam keperawatan. Mata ajar ini berfokus pada teori teori dasar pendidikan dalam keperawatan dan proses edukasi keperawatan. Diharapkan setelah pembelajaran mata kuliah ini mahasiswa mampu menerapkan SCL pada pendidikan dalam keperawatan. Bahan pembelaran pada mata kuliah ini akan mengacu pada Arah Pengembangan Pendidikan Keperawatan, Kurikulum Pendidikan Tinggi, Teori pembelajaran, SCL, Seven jumps dalam PBL, desain instruksional, Pembelajaran pada tatanan klinik, Role play, feedback and reflection; Preceptorship and mentorship.
    Mata kuliah interprofessional education (IPE) merupakan mata kuliah wajib yang akan membahas tentang inter-professional education (IPE) dan interprofessional collaborative practice (IPCP) dalam bidang kesehatan yang berbasis bukti ilmiah. Mata kuliah ini akan memfasilitasi mahasiswa untuk memahami konsep IPE beserta perannya dalam mewujudkan IPCP demi terciptanya pelayanan kesehatan yang lebih sinergis dan efektif. Mata kuliah ini juga akan memberikan pemahaman mengenai kompetensi-kompetensi yang diperlukan dalam melakukan IPCP.
  1. Praktik Berbasis Bukti (2 sks)
    Mata kuliah Evidence Based Practice (EBP) dalam keperawatan diberikan bagi mahasiswa Program Magister Keperawatan pada Semester II. Mata ajar ini merupakan mata ajar wajib, berfokus kemampuan untuk melakukan tahapan dalam menerapkan EBP keperawatan pada setting klinis/komunitas. Diharapkan setelah pembelajaran mata kuliah ini mahasiswa mampu melakukan usaha untuk meningkatkan kualitas informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan. Mahasiswa mampu menyeleksi informasi yang berlebih (yang tidak perlu) dan dapat mengaplikasikan informasi yang paling berguna (terbaik) untuk diterapkan dalam mengelola pelayanan dan asuhan keperawatan.
  1. Aplikasi Teori Keperawatan dan Penerapan SNL dalam Keperawatan Maternitas (2 sks)

Mata kuliah aplikasi teori keperawatan dan penerapan SNL dalam keperawatan maternitas merupakan mata ajar inti wajib untuk magister keperawatan yang diberikan pada semester kedua. Beban studi mata ajar ini adalah sebesar 2 SKS. Bentuk pengalaman belajar meliputi kuliah, diskusi, penugasan dan studi kasus. Mata ajar ini berisi tentang teori-teori keperawatan dan pendekatan SNL yang diaplikasikan khusus dalam pemberian asuhan keperawatan maternitas. Mata kuliah ini juga menyampaikan betapa pentingnya standarisasi bahasa dalam memberikan asuhan keperawatan.

  1. Promosi Kesehatan Wanita (2 sks)

Mata kuliah ini mempelajari peran dan status wanita di Indonesia dan beberapa negaradi dunia. Selain itu juga mempelajari upaya promosi kesehatan dengan pencegahanprimer, sekunder dan tersier terhadap masalah-masalah dan penyakit yang terkaitdengan kesehatan reproduksi, meningkatkan kualitas hidup disepanjang sikluskehidupan wanita secara individual, kelompok dan keluarga di dalam masyarakat. Upaya ini juga melibatkan pria untuk berpartisipasi mengembangan promosikesehatan wanita.

  1. Kesehatan Ibu dan Neonatus dalam Konteks Keluarga (2 sks)

Mata ajaran ini dirancang untuk memberikan kemampuan pada mahasiswa dalam memberikan asuhan keperawatan yang holistik dalam merawat klien selama kehamilan, persalinan dan postnatal serta bayinya (neonatus). Fokus pembahasan pada teori keperawatan dan prinsip penatalaksanaan klien dengan penekanan pada kebutuhan bio-psiko sosio-kultural dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan selama periode kehamilan, persalinan, postnatal dan bayinya. Penerapan proses keperawatan dalam pengkajian dan pengelolaan klien (maternal) termasuk bayi dan keluarganya ditujukan pada kondisi klien normal dan yang mengalami risiko/komplikasi.

  1. Trend dan Isu dalam Keperawatan Maternitas (2 sks)

Mata kuliah ini mempelajari trend terkini dalam keperawatan maternitas baik di Indonesia maupun contoh di beberapa negara di dunia diantaranya kebijakan perawatan kesehatan ibu dan anak, Undang-undang terkait kesehatan perempuan dan anak, trend perawatan selama kehamilan, melahirkan dan pasca melahirkan dan gangguan kesehatan reproduksi pada perempuan serta peran dan fungsi kolegium dalam keperawatan Maternitas.

  1. Keperawatan Maternitas Lanjut I (2 sks)

Mata ajar (MA) ini merupakan aplikasi teori dan konsep keperawatan, Standardized Nursing Language (SNL) dalam memberikan asuhan keperawatan maternitas dan pelayanan kesehatan wanita. Penekanan MA ini adalah menerapkan strategi terbaru dalam memberikan asuhan keperawatan maternitas pada klien terkait dengan kesehatan reproduksi, meningkatkan kesehatan wanita usia subur, ibu hamil, ibu yang melahirkan, ibu postpartum dan bayi sampai dengan 40 hari pada kondisi yang beresiko tinggi serta wanita di luar masa kehamilan dengan gangguan sistem reproduksi.

  1. Keperawatan Maternitas Lanjut II (2 sks)

Mata ajar ini merupakan aplikasi teori dan konsep keperawatan, Standardized Nursing Language (SNL) dalam memberikan asuhan keperawatan maternitas dan pelayanan kesehatan wanita. Penekanan MA ini adalah menerapkan strategi terbaru dalam memberikan asuhan keperawatan maternitas pada klien terkait dengan kesehatan reproduksi, meningkatkan kesehatan wanita usia subur, ibu hamil, ibu yang melahirkan, ibu postpartum dan bayi sampai dengan 40 hari pada kondisi risiko tinggi serta wanita di luar masa kehamilan dengan gangguan sistem reproduksi.

  1. Konsep Keperawatan Anak Lanjut (2 sks)

Mata ajaran ini dirancang untuk memberikan kemampuan pada mahasiswa dalam menguasai konsep asuhan keperawatan anak yang holistik dalam konteks keluarga secara mendalam sebagai dasar dalam memberikan asuhan keperawatan yang aman dan efektif pada anak dan keluarganya. Fokus pembahasan pada teori dan konsep keperawatan anak yang meliputi tren dan isu keperawatan anak, pertumbuhan dan perkembangan dalam seluruh siklus kehidupan serta prinsip-prinsip penerapan konsep asuhan keperawatan anak yang holistik dan atraumatik sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan baik sehat maupun sakit, di rumah, masyarakat, rumah sakit dan tempat pelayanan kesehatan lainnya.

  1. Aplikasi Teori Keperawatan dan Pendekatan SNL dalam Keperawatan Anak (2 sks)

Mata Kuliah Aplikasi Teori Keperawatan Dan Pendekatan NANDA, NOC, NIC Dalam Keperawatan Anak memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam menguasai beberapa teori atau model keperawatan dan aplikasinya dalam merumuskan rencana asuhan keperawatan dengan menggunakan standardized nursing language (NANDA, NIC dan NOC) dalam memprioritaskan diagnosis keperawatan, mengindentifikasi rencana intervensi keperawatan dan outcome/tujuan yang akan dicapai dalam pemberian asuhan keperawatan kepada klien dan keluarganya dengan keadaan sehat maupun sakit dalam tatanan pelayanan kesehatan klinik dan komunitas. RPKPS ini berfokus pada pembahasan tentang teori atau model keperawatan yang dapat digunakan dalam memberikan asuhan keperawatan pada klien anak dan keluarganya seperti Theory of Comfort, Orem’s Self-Care/Dependent-Care Deficit, Theory of Maternal Role Attainment-Becoming a Mother, Health Promotion Model, Adaptation Model serta pengenalan penggunaan standardized nursing language (NANDA, NIC dan NOC) dalam pemberian asuhan keperawatan pada area keperawatan anak.

  1. Pengkajian Keperawatan Anak Lanjut (2 sks)

Mata kuliah Pengkajian anak lanjut merupakan mata kuliah wajib yang akan membahas tentang pengkajian pada neonatus sampai remaja baik sehat maupun sakit pada seluruh sistem fungsi tubuh yang terdiri dari pengkajian riwayat kesehatan (history talking), pengkajian perkembangan (developmental assessment), pengkajian fisik (Physical assessment), pengkajian nutrisi (Nutritional assessment) dan pengkajian keluarga (Family assessment) serta pengkajian system berdasarkan bukti ilmiah (evidence based).

  1. Keperawatan Anak Lanjut I (2 sks)

Mata ajaran ini dirancang untuk memberikan kemampuan pada mahasiswa dalam menguasai konsep asuhan keperawatan anak secara mendalam dengan menggunakan pendekatan promosi kesehatan yang berpusat pada keluarga sebagai dasar dalam memberikan asuhan keperawatan yang aman dan efektif pada anak dan keluarganya sesuai tingkat pertumbuhan dan perkembangannya. Fokus pembahasan pada teori dan konsep keperawatan anak yang meliputi teori dan konsep terkait dengan pendekatan promosi kesehatan pada anak dan keluarga yang meliputi promosi kesehatan dalam aspek pola pemeliharaan dan persepsi terhadap kesehatan, nutrisi, ASI, aktivitas, tidur dan istirahat, eliminasi, role relationship, koping, kognitif dan persepsi diri, konsep diri, seksualitas dan struktur nilai sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan baik sehat maupun sakit, di rumah, masyarakat, rumah sakit dan tempat pelayanan kesehatan lainnya.

  1. Keperawatan Anak Lanjut II (2 sks)

Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan kemampuan pada mahasiswa dalam menguasai konsep asuhan keperawatan anak secara mendalam dengan menggunakan pendekatan manajemen penyakit baik akut maupun kronik yang berpusat pada keluarga sebagai dasar dalam memberikan asuhan keperawatan yang aman dan efektif pada anak dan keluarganya sesuai tingkat pertumbuhan dan perkembangannya. Fokus pembahasan pada teori dan konsep keperawatan anak yang meliputi teori dan konsep terkait dengan pendekatan manajemen penyakit pada anak dengan penyakit infeksi, gangguan sistem imun, disfungsi pernafasan, gastrointestinal, hematologik, kardiovaskular, genitourinaria, muskuloskeletal dan neuromuskular, neurologi dan kognitif, endokrin, kanker, injuri dan keracunan, genetik dan bayi yang memerlukan penanganan intensif baik akut maupun kronik dengan menggunakan proses keperawatan serta menekankan pada strategi pendidikan kesehatan dan pencegahan penyakit sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangannya, di rumah, masyarakat, rumah sakit dan tempat pelayanan kesehatan lainnya.

  1. Manajemen Pelayanan Keperawatan Anak (2 sks)

TMata kuliah Manajemen Pelayanan Perawatan Pada Anak Sakit secara umum akan mempelajari manajemen pelayanan perawatan anak pada tatanan pelayanan di RS dengan sistem penjaminan mutu pelayanan kesehatan anak di RS melalui akreditasi nasional Rumah Sakit dan akreditasi JCI.

  1. Konsep Dasar KMB (2 sks)

Konsep Dasar KMB merupakan mata kuliah yang meliputi konsep – konsep dasar dalam penanganan kasus medikal bedah terkait upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif berdasarkan pembuktian ilmiah. Pada akhir mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu berpikir kritis dalam menerapkan berbagai konsep dasar dalam KMB untuk menyelesaikan berbagai permasalahan pasien kasus KMB.

  1. Patient Safety dalam KMB (2 sks)

Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah wajib minat yang mempelajari patient safety dalam kasus medikal bedah. Mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan prinsip patient safety dalam pemberian asuhan keperawatan medikal bedah.

  1. KMB Lanjut I (2 sks)

Mata ajaran ini merupakan mata kuliah wajib peminatan yang diberikan pada semester 2. Mata ajaran ini dirancang untuk memberikan kemampuan pada mahasiswa dalam menguasai konsep asuhan Keperawatan Medikal Bedah yang holistik secara mendalam sebagai dasar dalam memberikan asuhan keperawatan yang aman dan efektif pada klien dewasa dan keluarganya. Fokus pembahasan pada teori dan konsep keperawatan pada pasien dengan acute illness, injury atau kondisi memburuknya suatu penyakit pada Keperawatan Medikal Bedah

  1. KMB Lanjut II (2 sks)

Keperawatan Medikal Bedah (KMB) Lanjut II merupakan Mata kuliah minat wajib yang berfokus pada integrasi dan aplikasi konsep-konsep keperawatan pada pasien penyakit kronis dengan mengedepankan evidence based practice. Mata Kuliah KMB Lanjut II diberikan bagi mahasiswa Program Magister Keperawatan pada Semester II. Mata ajar ini merupakan mata ajar pilihan yang dianjurkan untuk peminatan Keperawatan Medikal Bedah. Pengalaman belajar diberikan dengan metode ceramah, diskusi, case study dan kunjungan/visitasi dengan partisipasi aktif peserta didik. Metode evaluasi meliputi ujian tulis, penugasan kreatif essay, presentasi final project serta partisipasi aktif dalam diskusi.

  1. Apilkasi Teori Keperawatan dan Pendekatan SNL dalam KMB (2 sks)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang mengaplikasikan teori keperawatan dalam proses keperawatan yang meliputi pengkajian, penegakan diagnosa keperawatan, perencanaan, implemetasi dan evaluasi keperawatan dengan menggunakan SNL (NANDA, NOC, NIC) berfokus pada kasus keperawatan medikal bedah. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa magister keperawatan yang mengambil minat Keperawatan Medikal Bedah. Aktivitas pembelajaran terdiri dari ceramah, diskusi, studi kasus, belajar mandiri, studi lapangan, dan seminar. Metode evaluasi dilakukan secara formatif dan sumatif.

  1. KMB Lanjut III (2 sks)

TMata kuliah minat wajib yang berfokus pada integrasi dan aplikasi konsep-konsep keperawatan paliatif pada pasien penyakit terminal dan atau penyakit yang tidak mungkin disembuhkan (incurable) dengan mengedepankan evidence-based practice. Pada Mata kuliah ini mahasiswa mempelajari tentang konsep perawatan paliatif yang terintegrasi bagi pasien yang memerlukan penanganan paliatif termasuk managemen gejala, pendekatan berfokus pada pasien (Patient-centered care) sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dan keluarganya. Mahasiswa juga mempelajari tentang perawatan End of Life, Ethic dalam perawatan paliatif, bereavement family, dan quality of death dalam upaya membantu pasien menghadapi dying with dignity.

  1. Dasar Keperawatan Gawat Darurat (2 sks)

Mata ajar Dasar Keperawatan Gawat Darurat merupakan mata kuliah wajib pada program Studi Magister Keperawatan minat keperawatan gawat darurat yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dasar tentang keperawatan gawat darurat dan prinsip-prinsip dasar keperawatan gawat darurat. Mata Kuliah Dasar Keperawatan Gawat Darurat akan membahas mengenai skills asessment: ABCDE dan initial asessment & uji diagnostik: laboratorium; Emergency Medical System; penerapan praktik profesional, etis, legal, peka budaya; lingkungan aman untuk pasien keluarga dan staf; menerapkan sistem pelayanan gawat darurat pada kondisi: 1) emergensi sehari-hari, 2) mass casualty dan 3) bencana; triage gawat darurat; profesionalisme dan kepemimpinan: systematic review pada academic literature gawat darurat; guideline pada academic literature gawat darurat; prinsip prinsip emergensi: konsep safety, risiko dan infeksi nosokomial serta edukasi (health promotion in emergency case).

  1. Keperawatan Gawat Darurat Lanjut I (2 sks)

Mata Kuliah Keperawatan Gawat Darurat 1 merupakan mata kuliah wajib di Peminatan Keperawatan Gawat Darurat pada program Studi Magister Keperawatan yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman tentang keperawatan gawat darurat lanjut sebagai salah satu acuan dalam menyelesaikan masalah klinis dan pengembangan ilmu keperawatan. Mata Kuliah Keperawatan Gawat Darurat akan membahas mengenai uji diagnostik, proses keperawatan, komunikasi dan transportasi dalam system penanggulangan gawat darurat, keperawatan, trend an berbagai isu terkait keperawatan gawat darurat dan manajemen shock pasien gawat darurat

  1. Keperawatan Gawat Darurat Lanjut II (2 sks)

Mata Kuliah Keperawatan Gawat Darurat 2 merupakan mata kuliah wajib di Peminatan Keperawatan Gawat Darurat pada program Studi Magister Keperawatan yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman tentang keperawatan gawat darurat lanjut sebagai salah satu acuan dalam menyelesaikan masalah klinis dan pengembangan ilmu keperawatan. Mata Kuliah Keperawatan Gawat Darurat akan membahas mengenai bantuan hidup dasar dan bantun hidup lanjut, kegawat daruratan pada system, manajemen symptom pada kondisi gawat darurat dan aplikasi guidelines dan literature review pada gawat darurat.

  1. Disaster Nursing I (2 credits)

Mata ajar Disaster Nursing I merupakan mata kuliah wajib pada program Studi Magister Keperawatan yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dasar tentang keperawatan bencana penelitian kuantitatif untuk menyelesaikan masalah klinis dan pengembangan ilmu keperawatan. Mata kuliah Disaster Nursing I akan membahas mengenai konsep bencana, Disaster Management Continuum, konsep Community Disaster Preparedness, Hospital Preparedness, local wisdom dalam penanggulangan bencana, aspek etik dan legal dalam penanggulangan bencana, Incident Command System (ICS) pada penanggulangan bencana, pengelolaan data dan informasi dalam bencana, koordinasi dan kolaborasi dalam penanggulangan bencana.

  1. Disaster Nursing II (2 sks)

Mata ajar Disaster Nursing II merupakan mata kuliah wajib pada program Studi Magister Keperawatan yang merupakan kelanjutan dari mata kuliah Disaster Nursing II. Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lanjut terkait keperawatan bencana. Mata kuliah Disaster Nursing II akan membahas mengenai Disaster Management untuk Kelompok Rentan (Anak, lansia, bumil, OBK, Penyakit kronik, Foreigners), Community Empowerment pada penanggulangan bencana (Poster, pengmas), Natural Hazard Disaster management, Biohazard Disaster Management, Chemical and Radiology Hazard Disaster Management, Decontamination and Isolation, Manajemen Shelter, Manajemen Logistik dalam Bencana, Konsep training dalam bencana, Konsep Simulasi dalam bencana

  1. Aplikasi Teori Keperawatan dan SNL dalam Keperawatan Gawat Darurat (2 sks)

Mata Kuliah Aplikasi Keperawatan Gawat Darurat dan bencana merupakan mata kuliah wajib di Peminatan Keperawatan Gawat Darurat pada program Studi Magister Keperawatan yang dimaksudkan untuk memberikan pengalaman inovasi dan ketrampilan klinis tentang beberapa aspek khusus yang diperlukan bagi perawat gawat darurat dan bencana yang diperlukan pada situasi gawat darurat. Mata Kuliah Aplikasi Keperawatan Gawat Darurat dan akan membahas mengenai tim medis reaksi cepat, resusitasi pada kegawatdaruratan dan aplikasi pencegahan bencana yang diterapkan di Badan penanggulangan bencana daerah propinsi DIY.

Keperawatan Kesehatan Jiwa Dasar (2 sks) Mata ajar Keperawatan Jiwa Dasar dan Komplementer merupakan mata kuliah wajib minat pada program Studi Magister Keperawatan yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dasar tentang dasar dalam keperawatan jiwa yang mencakup the connection between nursing theory and practice, the human science basis of psychiatric nursing: theory and practice, the use of theories in psychiatric nursing, History and trends in Psychiatry Mental Health Nursing, Nurse’s competency in mental health, Ethic and Legal issue in mental health, Nursing process, dan evidence based in mental health and psychiatric nursing. Keperawatan Kesehatan Jiwa pada Populasi Khusus (2 sks) Mata kuliah Keperawatan Jiwa pada Populasi Khusus adalah mata kuliah wajib minat pada keperawatan jiwa. Keperawatan Jiwa pada Populasi Khusus ini mempelajari tentang asuhan keperawatan kesehatan jiwa pada permasalahan kelompok khusus dari anak-anak, dewasa sampai lansia dari tinjauan medis, keperawatan dan psikologis. Permasalahan kelompok khusus yang dipelajari dalam mata kuliah ini meliputi gelandangan penderita sakit jiwa kronis, orang yang teraniaya dan penyakit yang mengancam kehidupan, penderita HIV/AIDS dan gangguan seksual, korban pemerkosaan dan narapidana, korban KDRT dan trafficking, anak jalanan dan NAPZA, Perilaku dan promosi kesehatan pada klien berkebutuhan khusus. Keperawatan Jiwa pada Populasi Khusus juga mempelajari konsep dan penatalaksanaan pada klien berkebutuhan khusus dari tinjauan medis, Psikologi dan Budaya. Basic Course – Community Mental Health Nursing (2 credits) Mata kuliah Community Mental Health Nursing 1 (CMHN 1) adalah mata kuliah wajib minat pada keperawatan jiwa. CMHN 1 ini mempelajari tentang kesehatan jiwa masyarakat pada individu, keluarga dan masyarakat dengan memberdayakan segala kemampuan yang ada. CMHN 1 meliputi Basic Course – Community Mental Health Nursing (BC – CMHN), yang terdiri dari Konsep kesehatan jiwa masyarakat, Komunikasi dalam pelayanan keperawatan jiwa, Pengorganisasian masyarakat, Bencana dan tindakan krisis, Keperawatan kesehatan jiwa anak dan remaja, Askep HDR, isolasi sosial, RPK, RBD, DPD serta Askep lansia dengan depresi dan demensia, Pencatatan dan pelaporan serta Pedoman monitor dan evaluasi. Kegawatdaruratan Psikiatri (2 sks) Mata kuliah ini dirancang untuk mengupas terkait kasus kegawatdaruratan yang terjadi pada setting psikiatri. Kuliah ini memberikan pemahaman dan ketrampilan pokok tentang asuhan keperawatan pada klien dengan kegawatdaruratan psikiatri seperti askep pada klien dengan delirium, putus obat karena penyalahgunaan NAPZA, risiko bunuh diri, perilaku kekerasan dan menyerang, dan serangan panik. Selain itu mahasiswa juga mempelajari aspek legal etik dalam penanganan kedaruratan keperawatan psikiatri, pengkajian keperawatan kedaruratan psikiatri & pendekatan umum kedaruratan psikiatri. Keperawatan Jiwa dalam Bencana (2 sks) Mata kuliah ini mengupas terkait kasus kegawatdaruratan yang terjadi pada setting psikiatri. Kuliah ini memberikan pemahaman dan ketrampilan pokok tentang bencana dan karakteristiknya, reaksi manusia terhadap bencana, psikopatologi pasca bencana, disaster planning, kesiapan dan respon pada setting pelayanan, disaster mental heath care team response, intervensi dini dan aktifitas kesehatan mental. Selain itu mahasiswa juga belajar terkait Pertolongan Pertama Psikologis, Askep pada kejadian terorisme & kerusuhan massal serta perawatan diri dan pelepasan diri dari situasi bencana. Aplikasi Teori Keperawatan dan Pendekatan SNL dalam Keperawatan Komunitas (2 sks)
  1. Keperawatan Komunitas Lanjut I (2 sks)
  2. Keperawatan Komunitas Lanjut II (2 sks)
  3. Pengkajian Keperawatan Komunitasa Lanjut (2 sks)
  4. Epidemiologi dalam keperawatan komunitas (2 sks)
  5. Manajemen Keperawatan Komunitas (2 sks)
  6. Aplikasi Teori Keperawatan dan Pendekatan SNL dalam Keperawatan Komunitas (2 sks)
  1. Integrasi SNL dalam manajemen keperawatan (2 sks)
  2. Manajemen sumberdaya manusia keperawatan (2 sks)
  3. Pengembangan Profesional keperawatan (2 sks)
  4. Sistem kebijakan kesehatan Nasional (2 sks)
  5. Manajemen Mutu Keperawatan (2 sks)
  6. Manajemen Pelayanan Keperawatan (2 sks)
  1. Patient Safety (2 sks)
    Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah wajib minat yang mempelajari patient safety dalam kasus medikal bedah. Mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan prinsip patient safety dalam pemberian asuhan keperawatan medikal bedah.
  1. Management Instalasi Gawat Darurat (2 sks)
    Mata Kuliah Manajemen Instalasi Rawat Darurat merupakan mata kuliah elektif di Peminatan Keperawatan Gawat Darurat pada program Studi Magister Keperawatan yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman tentang manajemen di IRD sebagai salah satu acuan dalam menyelesaikan masalah manajemen di ruang IRD dan pengembangan ilmu keperawatan. Mata Kuliah Manajemen IRD akan membahas mengenai konsep manajemen di ruang IRD, spesifikasi dan desain IRD, alur pasien IRD, keselamatan pasien di IRD, pengolahan dan sanitasi limbah IRD, care delivery system in emergency department (ED), sistem teknologi informasi IRD, leadership nursing in ED, developing and supporting staf in ED, sumber daya dan beban kerja di IRD, enhancing handover from ED to ward, etika dalam kegawatdaruratan, evidence best practice (EBP) in emergency nursing, knowledge translation in ED (pengaplikasian EBP ke dalam praktik), dan masalah dalam IRD (violence, access block, bed shortage, overcrowding) dan menggunakan pendekatan EBP untuk mengatasi masalah di ruang IRD.
  1. Quality Assurance (2 sks)
    Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah elektif. MA ini mempelajari Quality Assurance dalam pelayanan kesehatan, pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat guna mencapai prinsip patient safety dalam setiap pemberian pelayanan kesehatan. Diharapkan setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep Quality Assurance (QA) dalam setiap layanan dan tindakan serta selalu memperhatikan prinsip patient safety.
  1. Teamwork dalam Bencana (2 sks)
    Mata kuliah Teamwork dalam Bencana merupakan mata kuliah elektif di Peminatan Keperawatan Gawat Darurat pada Program Studi Magister Keperawatan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang kerja tim dalam bencana dengan pendekatan team STEPPS program yang dikembangkan oleh USA. Mata kuliah ini akan membahas mengenai aspek-aspek yang diperlukan dalam tim penanggulangan bencana menggunakan pendekatan Team STEPPS. Adapun materi pada mata kuliah ini meliputi: Team STEPPS, tim inti dalam bencana, pembuatan tim koordinasi, tim kontingensi, tahap pembentukan tim, mengukur teamwork yang efektif, karakteristik tim yang sukses, tehnik komunikasi dalam tim untuk mengatasi konflik, pengkajian performa tim, regional teamwork in disaster, dan team building exercise dalam bencana.
  1. Innovation on Maternal and Child Health (2 sks)
    Mata ajaran ini dirancang untuk memberikan kemampuan pada mahasiswa dalam menguasai konsep inovasi dalam bidang kesehatan ibu dan anak. Pembahasan pada mata kuliah ini meliputi topik-topik yang terkait dengan upaya inovasi di bidang kesehatan ibu dan anak yang berdampak pada peningkatan kualitas hidup, kesehatan dan kesejahteraan pada Ibu dan Anak dengan memperhatikan aspek karakteristik individu dan pengembangan sistem pelayanan kesehatan. Fokus pembahasan terdiri dari isu-isu terkini dan inovasi dalam bidang kesehatan ibu dan anak, cara mengembangkan dan menerapkan inovasi dalam setting klinik dan komunitas, contoh penerapan dalam praktek klinik pada anak dengan kebutuhan dan ibu postpartum, peran pemerintah dan swasta dalam pengembangan inovasi dalam bidang kesehatan ibu dan anak, serta pemanfaatan sistem teknologi informasi dalam inovasi di bidang kesehatan ibu dan anak.
  1. Disaster management in health care area (2 sks)
  1. Scientific Writing and Publishing (2 sks)
    Mata kuliah Scientific Writing and Publishing merupakan salah satu mata kuliah elektif yang ditawarkan di semester tiga. Mata kuliah ini mempelajari tentang teknik penulisan dan publikasi ilmiah yang memenuhi kaidah yang berlaku.
  1. Drama in Nursing (2 sks)
  1. Palliative Care (2 sks)
    Palliative care merupakan Mata kuliah yang berfokus pada integrasi dan aplikasi konsep-konsep keperawatan pada pasien penyakit terminal dan atau penyakit yang tidak mungkin disembuhkan (incurable) dengan mengedepankan evidence based practice. Mata kuliah ini mahasiswa mempelajari tentang konsep perawatan paliatif bagi pasien yang memerlukan penanganan paliatif sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dan keluarganya. Pada mata kuliah ini, mahasiswa juga mempelajari tentang perawatan End of Life dalam upaya membantu pasien menghadapi akhir hayat.
  1. Infection Control in Nursing (2 sks)
    Mata kuliah ini termasuk dalam mata kuliah pilihan, dengan beban sebanyak 2 SKS. Pembelajaran meliputi teori dan praktik di laboratorium mikrobiologi. Pembelajaran teori dilakukan melalui ceramah, diskusi kasus dan atau telaah jurnal. Setelah mengikuti mata kulaih ini mahasiswa diharapkan mampu melakukan upaya-upaya pencegahan dan pengendalian infeksi. Selain itu mahasiswa juga disiapkan agar mampu melakukan prosedur-prosedur dasar untuk melakukan penelitian di laboratorium mikrobiologi yang terkait dengan pencegahan infeksi.
  1. Perawatan Luka dan Ostomi (2 sks)
    Perawat memiliki peran yang penting dalam perawatan luka dan ostoma. Melalui hubungan yang profesional dengan pasien dan keluarga, perawat dapat memberikan perawatan luka dan ostoma yang evidence-based. Perawatan luka dan ostoma merupakan keahlian yang sifatnya umum dan khusus. Setiap perawat harus mampu merencanakan dan mengimplementasikan intervensi untuk memfasilitasi hasil yang optimal dan tidak menyebabkan bahaya (no harm) dalam perawatan luka dan ostoma. Sehingga kemampuan dalam perawatan luka merupakan aspek yang essensial bagi perawat. Mata kuliah ini menjelaskan beberapa aspek yang penting dalam perawatan luka dan ostoma, meliputi fisiologi dasar berkembangnya suatu luka dan penyembuhan, patofsisiologi dan pengelolaan beberapa macam luka serta memberikan informasi terkini tentang evidence-based practice dan pengalaman klinik dalam perawatan luka dan ostoma. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan bebas (elektif). Diharapkan setelah pembelajaran mata kuliah ini mahasiswa mampu mengintegrasikan theory dan praktek dalam perawatan luka dan ostomy menggunakan pendekatan berpusat pada pasien ( a patient-centered approach). Pengalaman belajar diberikan dengan metode ceramah, diskusi kasus dan presentasi kelompok dengan partisipasi aktif peserta didik. Metode evaluasi meliputi ujian tulis, penugasan penyusunan makalah dan presentasi serta partisipasi aktif dalam diskusi.
  1. Public Speaking (2 sks)
    Mata ajaran ini dirancang agar mahasiswa belajar bagaimana mempersiapkan dan menyampaikan presentasi lisan yang efektif, dengan penekanan pada berbicara di depan umum yang informatif dan persuasif. Mata kuliah ini memperkenalkan elemen-elemen penting dari presentasi yang sukses termasuk mendengarkan secara efektif, organisasi presentasi dan struktur logis; presentasi yang informatif dan persuasif; penggunaan alat bantu visual, penelitian, dan bukti; pertimbangan etis; dan teknik untuk membangun kepercayaan dalam berbicara di depan umum.
  1. Bahasa dan Sastra Jepang (2 sks) Mata kuliah Bahasa dan Sastra Jepang merupakan salah satu mata kuliah elektif yang ditawarkan di semester dua. Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman dasar terhadap bahasa Jepang. Tujuan pembelajaran mata kuliah elektif Bahasa Jepang ini adalah agar mahasiswa mampu memahami dasar-dasar bahasa Jepang, sastra Jepang, ilmu keperawatan di Jepang, menguasai pengucapan bahasa Jepang, kosa kata di kelas, salam dan ungkapan sehari-hari dalam bahasa Jepang. Mahasiswa juga diharapkan mampu menguasai huruf Hiragana, huruf Katakana, huruf Kanji dan mampu memperkenalkan diri sendiri dalam bahasa Jepang.
  1. Enterpreunership (2 sks) Mata kuliah Entrepreneurship merupakan mata kuliah yang didesain untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan untuk memulai dan merancang bisnis baru.
  1. MTBS (2 sks)
  1. Complementary Alternative Medicine (2 sks)

    Mata kuliah  Elektif Complementary Alternative Therapy  akan diselesaikan dalam waktu satu semester. Mata kuliah ini terdiri dari beberapa topik antara lain: Gambaran umum terapi alternatif komplementer/ Identifikasi masalah Kesehatan dan risiko masalah Kesehatan dengan terapi alternatif komplementer, Aplikasi terapi alternatif komplementer Su Jok  Berbagai metode pembelajaran akan diterapkan selama proses pembelajaran di blok elektif sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan, yaitu: kuliah dan diskusi, seminar, demonstrasi dan simulasi, serta praktik lapangan dalam bentuk pengabdian masyarakat. Setiap kegiatan tersebut akan dilakukan evaluasi untuk menilai pencapaian kompetensi mahasiswa. Evaluasi untuk menilai pencapaian kompetensi dilakukan dengan menggunakan evaluasi formatif dan sumatif yang terdiri dari ujian akhir blok, nilai seminar, nilai penugasan individu, nilai laporan praktik lapangan dan presentasi praktik lapangan. Penilaian profesional behavior dilakukan secara reguler sesuai format yang telah dibuat dan aktivitas yang dilakukan mahasiswa.

  1. Tesis (8 sks)
    Tesis merupakan komponen wajib dalam kurikulum magister keperawatan

Proses Pembelajaran Program Studi

A. Registrasi mata kuliah

Registrasi mata kuliah dilakukan oleh setiap mahasiswa baru dan mahasiswa lama sebelum pembelajaran semester dimulai tepatnya pada periode registrasi. Registrasi dilakukan dengan mengisi rencana studi secara daring pada simaster mahasiswa. Rencana studi mencakup nama mata kuliah dan beban sks yang akan diambil pada pembelajaran semester. Rencana studi yang diajukan perlu mendapat persetujuan dari dosen pembimbing akademik secara daring dan persetujuan dari Ketua Program Studi Magister Keperawatan secara daring melalui: https://simaster.ugm.ac.id/

B. Kegiatan pembelajaran

  1. Kuliah pakar
  2. Diskusi kelompok tutorial
  3. Seminar dan presentasi
  4. Praktik klinik
  5. Kunjungan lapangan

Buku panduan akademik menyediakan informasi dan saran yang komprehensif tentang program magister secara keseluruhan. Mahasiswa akan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Akademik (DPA) selama belajar di PSMK dan dua Dosen Pembimbing Tesis. Mahasiswa didorong untuk berinteraksi dengan semua civitas akademika dan terlibat dalam berbagai agenda seperti summer/winter course, konferensi, seminar, workshop, kompetisi, dll.

C. Metode evaluasi

Evaluasi hasil belajar:

  1. Evaluasi Formatif
  2. Ujian Tengah Semester
  3. Ujian Akhir Semester
  4. Objective Structured Clinical Examination (OSCE), dan
  5. Tugas Akhir/Tesis

Pemantauan dan evaluasi studi:

  1. Evaluasi progres belajar (tiap akhir semester)
  2. Evaluasi akhir program pendidikan magister
  3. Evaluasi proses belajar mengajar oleh mahasiswa

D. Prosedur Banding Akademik Mahasiswa

Mahasiswa berhak mengajukan banding atas keputusan akademis dan rekomendasi yang dibuat oleh Dewan Penguji dan Dewan Program Studi (yang bertindak atas nama mereka) yang mempengaruhi kemajuan akademis mereka. Prosedur ini menetapkan dasar banding yang diijinkan dan mekanisme dimana hak tersebut dapat dilaksanakan. Prosedur ini juga menetapkan dasar dimana banding akademis tidak diperbolehkan.

E. Syarat Yudisium

Berdasarkan hasil workshop sosialisasi peraturan Rektor No. 2 Tahun 2023 tentang pendidikan yang diselenggarakan pada tanggal 3 Mei 2023, FK-KMK melalui Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan akan menyelenggarakan yudisium akademik setiap bulan.

Sehubungan dengan hal tersebut, bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan ujian tetutup, harap segera menyelesaikan revisi dan mendaftarkan yudisium sesuai dengan peraturan Rektor No. 2 Tahun 2023 dan panduan akademik PSMK:

  1. Transkrip sementara (ditandatangani oleh DPA)
  2. Surat Permohonan Yudisium
  3. Naskah Thesis yang telah mendapat pengesahan dari tim pembimbing, penguji, dan ketua program studi.
  4. Bukti penyerahan tesis, naskah publikasi, dan lembar pengesahan kepada pembimbing dan penguji
  5. Berkas/dokumen tersebut diserahkan paling lambat 3 hari sebelum tanggal yudisium yang ditetapkan oleh FK-KMK

F. Syarat Kelulusan

  1. Indeks prestasi kumulatif minimal 3,00
  2. Tidak ada nilai D dan atau E
  3. Telah lulus ujian tesis
  4. Telah menyerahkan naskah tesis yang telah disahkan oleh Ketua Program Studi Magsiter Keperawatan FK-KMK UGM
  5. Telah mempunyai publikasi ilmiah/naskah yang layak dimuat dalam jurnal ilmiah paling sedikti 1 (satu) artikel yang berasal dari hasil penelitian tesis.

Fasilitas Pendukung Pembelajaran

Mahasiswa program studi magister keperawatan menempuh studi di lingkungan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM yang berlokasi di sebelah barat dari gedung pusat universitas. FK-KMK UGM menyediakan lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif. Mahasiswa UGM dapat mengakses perpustakaan universitas dan fakultas, jurnal online, databases, dan sumber belajar lainnya menggunakan Single-Sign On (SSO).

Fasilitas-fasilitas yang tersedia sebagai berikut:

Gedung Pascasarjana Tahir Foundation, terdiri dari:

  • Auditorium
  • Ruang kelas dengan peralatan pendukung
  • Ruang Multimedia
  • Ruang belajar untuk mahasiswa
  • Ruang statistik
  • Layanan administrasi akademik

Gedung Ismangoen, terdiri:

  • Auditorium
  • Simulated hospital
  • Ruang Kelas dengan perlengkapan pendukung
  • Ruang Diskusi Tutorial
  • Ruang Dosen
  • Layanan Administrasi
  • Ruang aktivitas mahasiswa

Fasilitas lain, terdiri dari:

  • Laboratorium biomedis terpadu
  • Learning Management System (eLOK dan Gamel)
  • Ruang terbuka hijau
  • Perpustakaan dan database jurnal
  • Tempat parkir
  • Masjid

Praktik klinik keperawatan diselenggarakan di Rumah Sakit jejaring di bawah Academic Health System (AHS) (RSUP Dr. Sardjito, RSUD Banyumas), Puskesmas (Imogiri, Mlati, and Depok), dan Balai Pelayanan Sosial Tresna Wredha (PSTW Abhiyoso and Budhi Luhur).

Layanan dukungan mahasiswa:

  • Konseling psikologi
  • Layanan minat dan bakat
  • Informasi beasiswa
  • Gadjah Mada Medical Center (GMC)
  • Informasi Internasional (program pertukaran pelajar)
  • Klinik bahasa and Statistik

Video Profil Program Studi Magister Keperawatan

Kontak dan Alamat Program Studi

KANTOR
Gedung Tahir Foundation Lantai 7 Sayap Selatan, Jalan Farmako Sekip Utara, Sleman, Yogyakarta, 55281
Telepon: (0274) 541569
Fax: 0274-631204

EMAIL
magisterkeperawatan@ugm.ac.id

Alamat: Gedung Ismangoen, Jalan Farmako Sekip Utara, Sinduadi, Mlati, Sleman
Daerah Istimewa Yogyakarta, 55281, Indonesia
🕾 0274 – 545674 | 🖂 nursing.fkkmk@ugm.ac.id

NAVIGASI
LAYANAN
LINK EKSTERNAL

Competence, Altruism, Respect, Empathy

© 2022 NURSING UGM