PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN

Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan
Universitas Gadjah Mada

Profil Program Studi Ilmu Keperawatan

Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM berdiri sejak 1998 berdasarkan SK 373/DIKTI/Kep/1998 dan secara resmi operasional pelaksanaan perkuliahan dimulai sejak 1999. PSIK FK-KMK UGM menyelenggarakan pendidikan keperawatan untuk menghasilkan lulusan Ners sesuai level 7 Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), yang terdiri dari tahapan pendidikan, yaitu tahap akademik dan tahap profesi.

Visi dan Misi Program Studi

Visi

Menjadi Program Studi Ilmu Keperawatan yang berstandar internasional, inovatif, unggul, serta senantiasa mengabdi pada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila

Misi 

Meningkatkan status kesehatan masyarakat melalui pendidikan, penelitian, pengabdian, dan pelayanan keperawatan yang unggul serta mengedepankan kearifan lokal, etika, profesionalisme, dengan berlandaskan pada keilmuan berbasis bukti yang terintegrasi dalam Academic Health System.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu menjadi agen perubahan di bidang keperawatan dan kesehatan
  2. Menghasilkan penelitian keperawatan dan kesehatan yang menjadi rujukan nasional dan internasional yang berwawasan lingkungan
  3. Mendorong kemandirian dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan melalui pengabdian masyarakat yang melibatkan alumni dan mitra strategis
  4. Meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan civitas akademika dan civitas hospitalia melalui tata kelola yang dapat dipertanggungjawabkan

Sasaran

  1. Mengembangkan pendidikan lintas disiplin
  2. Meningkatkan jiwa inovasi dan kewirausahaan sosial
  3. Internasionalisasi program studi
  4. Mengembangkan sistem penerimaan SDM yang profesional
  5. Pengembangan karakter dan perilaku profesional
  6. Mengembangkan penelitian dan pendidikan lintas disiplin
  7. Menjadikan kampus sebagai wahana penerapan inovasi IPTEK bagi masyarakat
  8. Membangun sinergi dengan jejaring alumni
  9. Memperkuat budaya melayani dan kinerja unggul

Profil Lulusan

Profil lulusan Program Studi Ilmu Keperawatan adalah sebagai berikut:

  1. Pemberi asuhan keperawatan profesional (Professional Care Provider).
  2. Peneliti (Researcher).
  3. Interaksi dan transaksi dengan pasien, keluarga dan tim kesehatan (Communicator)
  4. Pemberi pendidikan dan promosi kesehatan bagi klien, keluarga dan masyarakat (Health Educator and Health Promoter).
  5. Manajemen praktek/ruangan pada tatanan rumah sakit/ masyarakat (Manager and Leader).

Capaian Pembelajaran Lulusan

Kode Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Code Expected Program Study Learning Outcomes (EPSLOs)

SIKAP (S)

ATTITUDE (A)

S_1

Menunjukkan sikap Pancasilais dan kesadaran terhadap kepentingan bangsa dan negara --- (P1, 2, 3,4,5)

A_1

Being able to demonstrate a Pancasilaist attitude and an awareness of the interests of the nation and the state --- (P1, 2, 3, 4, 5)

S_2
Menunjukkan sikap CARE (competence, altruism, respect, empathy), jujur, bertanggung-jawab, percaya diri, kematangan emosional, beretika, dan kesadaran menjadi pembelajar sepanjang hayat --- (P1, 2,3,4,5)
A_2

Being able to demonstrate CARE (competence, altruism, respect, empathy), honesty, responsibility, self-confidence, emotional maturity, ethics, and awareness to become a life-long learner --- (P1, 2, 3, 4, 5)

KEMAMPUAN UMUM (KU)

GENERAL SKILL (GS)

KU_1

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk menghasilkan solusi sesuai bidang keahlian secara berintegritas dan diwujudkan dalam dokumen saintifik --- (P4, 5)

GS_1

Being able to apply logical, critical, systematic, and innovative thinking using information technologies to produce solutions by field of expertise with integrity and manifested in the form of a scientific document --- (P4, 5)

KU_2
Mampu mengembangkan jaringan kerja, beradaptasi, berkreasi, berkontribusi, melakukan supervisi, mengevaluasi dan mengambil keputusan dalam rangka menunjukkan kinerja mandiri dan kelompok untuk menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat --- (P2, P4)
GS_2

Being able to develop occupational networks, adapt, be creative, contribute, supervise, evaluate, and make decisions to demonstrate independent and collective performance to apply knowledge in social life --- (P2, 4)

PENGUASAAN PENGETAHUAN (PP)

KNOWLEDGE (K)

PP_1

Mampu mengaplikasikan ilmu dasar, teknologi kesehatan dan keperawatan dasar berbasis bukti dengan memperhatikan nilai humaniora dan pendekatan proses keperawatan dalam pemberian asuhan --- (P1, P3)

K_1

Being able to apply basic knowledge, health technologies, and basic nursing based on evidence with a consideration for values of humanities and approaches to nursing processes in providing care --- (P1, 3)

PP_2

Mampu mengaplikasikan ilmu keperawatan klinis, komunitas dan bencana berbasis bukti dengan memperhatikan nilai humaniora dan pendekatan proses keperawatan dalam pemberian asuhan --- (P1,3)

K_2

Being able to apply clinical, community, and disaster nursing knowledge based on evidence with a consideration for values of humanities and approaches to nursing processes in providing care --- (P1, 3)

KEMAMPUAN KHUSUS (KK)

SPECIAL SKILLS (SS)

KK_1

Mampu mengevaluasi asuhan keperawatan pada tatanan klinik dan komunitas untuk meningkatkan kualitas Kesehatan dan kesejahteraan klien --- (P1, 2)

SS_1

Being able to evaluate nursing care in clinical and community settings to improve clients’ health quality and wellbeing --- (P1, 2)

KK_2

Mampu melakukan penelitian ilmiah di bidang ilmu dan teknologi kesehatan untuk menyelesaikan masalah keperawatan/ kesehatan berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis serta bertanggungjawab secara ilmiah kepada masyarakat profesi dan klien --- (P5)

SS_2

Being able to conduct scientific research in health science and technology to solve nursing/health problems based on logical, critical, and systematic thinking and in a scientifically responsible manner to the professional community and clients --- (P5)

KK_3

Mampu menghasilkan, mengkomunikasikan, dan melakukan inovasi pada bidang ilmu dan teknologi keperawatan/kesehatan --- (P1, 2)

SS_3

Being able to implement innovations in nursing/ health science and technology --- (P1, 2)

KK_4

Mampu melaksanakan pendidikan kesehatan menggunakan keterampilan komunikasi dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam melakukan asuhan keperawatan --- (P1,3)

SS_4

Being able to provide health education using communicative skills using information technologies in providing nursing care ---
(P1, 3)

Akreditasi Program Studi

Program Studi Ilmu Keperawatan dan Ners telah mendapatkan akreditasi “A” oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). Pada tanggal 1 Agustus 2017 PSIK FK-KMK UGM berhasil mendapatkan sertifikasi dari ASEAN UNIVERSITY NETWORK dengan nomor sertifikat AP211UGMMAY17.

Mulai tanggal 25 Januari 2023, Program Studi Ilmu Keperawatan FK-KMK UGM, mendapatkan kandidat untuk initial accreditation dari Accreditation Commission for Education in Nursing. 

Sertifikat Akreditasi LAM PT-Kes

Sertifikat Candidacy for Initial Accreditation dari ACEN
Sertifikat AUN-QA Program Studi Ilmu Keperawatan (2017-2022)

Keunggulan Program Studi

  1. Telah tersertifikasi ASEAN University Network on Higher Education for Quality Assurance (AUN-QA) pada tahun 2017, dan menjadi Undergraduate Nursing Program pertama di Indonesia yang tersertifikasi AUN-QA.
  2. Terakreditasi A dari LAM PT-Kes.
  3. Capaian kelulusan first taker 100% dalam Ujian Kompetensi Nersi Indonesia (UKNI).
  4. Penerapan sistem pembelajaran terintegrasi dalam bentuk blok bagi perkuliahan mahasiswa.
  5. Penggunaan Advanced Technology (Patient Simulation Virtual Reality) dalam pembelajaran.
  6. Ketersediaan laboratorium keperawatan dalam bentuk simulated hospital/mini hospital.
  7. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam bentuk pertukaran pelajar baik dalam negeri dan luar negeri, proyek kemanusiaan, magang dan penelitian.
  8. Program Community and Family Healthcare – Interprofessional Education (CFHC-IPE) dimana mahasiswa dari 3 program studi (Ilmu Keperawatan, Pendidikan Kedokteran dan Gizi) bersama-sama melakukan pendampingan keluarga di komunitas sejak semester 1 sampai semester 7
  9. Program Student Exchange dengan universitas-universitas mitra luar negeri :
    • Mahidol University – Thailand
    • Taipei Medical University – Taiwan
    • Kochi University – Jepang
    • NUS- Singapore
    • University of Gothenburg – Swedia
  10. Guest Lecture, Visiting Professor memberikan kesempatan mahasiswa mendapatkan kuliah dari pengajar luar negeri.
  11. Program Summer/ Winter Course sebagai ajang berinteraksi dengan mahasiswa luar negeri yang dilaksanakan di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM
  12. Field Visit atau Kunjungan Lapangan ke rumah sakit mitra, institusi kesehatan lainnya, serta komunitas.
  13. Program Pengabdian Masyarakat yang melibatkan mahasiswa dan tenaga pengajar.
  14. Penelitian Kolaborasi dengan universitas-universitas mitra luar negeri.

Kurikulum Program Studi

Program Studi Ilmu Keperawatan FK-KMK UGM terdiri dari dua tahap yaitu tahap akademik dan tahap profesi. Prodi menerapkan Outcome Based Education (OBE) dalam pelaksanaan proses pendidikan. Kurikulum yang digunakan saat ini dikembangkan dari kurikulum inti pendidikan Ners oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) dan muatan lokal yang dikembangkan sebagai ciri khas lulusan UGM.

Tahap Sarjana

Model kurikulum berbasis kompetensi merupakan model kurikulum yang diterapkan PSIK FK-KMK UGM dalam proses pembelajarannya. Struktur kurikulum dijabarkan menggunakan sistem blok dalam tiap semester.

  • Beban studi minimal 144 SKS termasuk skripsi, CFHC-IPE, dan KKN.
  • Lama studi 3,5 tahun setara dengan 7 semester.
  • Gelar akademik lulusan adalah Sarjana Keperawatan (S.Kep).

Tahap Profesi

  • Beban studi 38 SKS.
  • Lama studi 1 tahun setara dengan 2 semester.
  • Gelar akademik lulusan adalah Ners (Ns.).
Peta Kurikulum Tahap Sarjana Tahun 2017
Peta Kurikulum Tahap Profesi
Peta Kurikulum Tahap Sarjana Tahun 2020
Peta Kurikulum Tahap Profesi

Kalender Akademik Tahun 2022/2023

Kalender Akademik Semester Ganjil
Kalender Akademik Semester Genap

Strategi Pembelajaran Program Studi

Sejak tahun akademik 1998/1999, PSIK FK-KMK UGM sudah mulai menerapkan pembelajaran yang berfokus pada mahasiswa (Student-centered Learning/SCL) melalui strategi pendidikan belajar berdasarkan masalah (Problem-based Learning/PBL). Selama proses pembelajaran mata kuliah dikelola dan diorganisasi untuk pencapaian kompetensi yang sudah ditetapkan.

Kegiatan pembelajaran tahap akademik:

  1. Kuliah pakar
  2. Diskusi kelompok (tutorial)
  3. Keterampilan klinik keperawatan
  4. Praktikum di Laboratorium
  5. Pengalaman belajar lapangan (field study)
  6. Seminar, Presentasi Kasus, dan Role Play
  7. Belajar Mandiri

Program pendidikan profesi merupakan satu kesatuan yang utuh dari Program Studi Ners FK-KMK UGM. Setelah menyelesaikan pendidikan ditahap akademik, mahasiswa kemudian diberikan pengalaman belajar klinik dan pengalaman belajar di lapangan pada berbagai bentuk dan tingkat pelayanan kesehatan (klinis dan komunitas). Diharapkan setelah melalui proses pendidikan di tahap profesi, calon ners dapat mencapai kompetensi pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor yang maksimal sebagai bekal mereka menjadi perawat yang professional dan kompeten.

Kegiatan pembelajaran tahap profesi:

  1. Pre dan Post Conference
  2. Bedside Teaching
  3. Ronde Keperawatan
  4. Seminar/refleksi kasus
  5. Seminar analisis jurnal
  6. Penyuluhan kesehatan
  7. Terapi bermain (khusus keperawatan Anak)
  8. Terapi Aktivitas kelompok (khusus keperawatan Jiwa)

Video & Buku Profil Program Studi

Kontak dan Alamat Program Studi

KANTOR
Gedung Ismangoen Lantai 2, Jl. Farmako Sekip Utara, Yogyakarta 55281
Telepon: (0274) 545674
Fax: 0274-631204 

EMAIL
nursing.fkkmk@ugm.ac.id 

Alamat: Gedung Ismangoen, Jalan Farmako Sekip Utara, Sinduadi, Mlati, Sleman
Daerah Istimewa Yogyakarta, 55281, Indonesia
🕾 0274 – 545674 | 🖂 nursing.fkkmk@ugm.ac.id

NAVIGASI
LAYANAN
LINK EKSTERNAL

Competence, Altruism, Respect, Empathy

© 2022 NURSING UGM