nursing.fkkmk.ugm.ac.id

Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)

Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan
Universitas Gadjah Mada

Profil Program Studi

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No. 41 tahun 2021,  Rekognisi Pembelajaran Lampau yang selanjutnya disingkat RPL adalah pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu.

Program Studi Ilmu Keperawatan membuka jalur RPL untuk perawat-perawat yang saat ini berstatus sebagai perawat di Rumah Sakit jejaring Academic Health System (AHS) UGM dan untuk menempuh pendidikan alih jenjang dari lulusan Diploma 3 (DIII) menjadi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners.

Capaian Pembelajaran

Kode Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Code End of Program Student Learning Outcomes (EPSLOs)

Sikap (S)

Attitude (A)

S_1
Menunjukkan sikap Pancasilais dan kesadaran terhadap kepentingan bangsa dan negara — (P1, 2, 3,4,5)
A_1

Being able to demonstrate a Pancasilaist attitude and an awareness of the nation and the state — (P1, 2, 3, 4, 5)

S_2
Menunjukkan sikap perawat professional — (P1,2,3,4,5)
A_2

Being able to demonstrate attitude of nursing professional — (P1, 2, 3, 4, 5)

Kemampuan Umum (KU)

General Skills (GS)

KU_1

Mampu menerapkan pemikiran ilmiah dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk menghasilkan solusi sesuai bidang keahlian secara berintegritas dan diwujudkan dalam dokumen saintifik — (P4, 5)

GS_1

Being able to apply scientific and innovative thinking using information technologies to produce solutions with integrity and manifested in the form of a scientific document — (P4, 5)

KU_2

Mampu mengembangkan keterampilan kepemimpinan melalui penerapan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat — (P2, P4)

GS_2

Being able to develop leadership skills through scientific implementation in society — (P2, 4)

Penguasaan Pengetahuan (PP)

Knowledge (K)

PP_1

Mampu mengaplikasikan ilmu dasar, teknologi kesehatan dan keperawatan dasar berbasis bukti dalam pemberian asuhan — (P1, P3)

K_1

Being able to apply basic science, health technologies, and basic nursing science based on evidence in providing care — (P1, 3)

PP_2

Mampu mengaplikasikan keperawatan berbasis bukti pada setting klinis, komunitas dan situasi bencana — (P1,3)

K_2

Being able to apply evidence-based nursing in clinical setting, community, and disaster situation — (P1, 3)

Kemampuan Khusus (KK)

Specific Skills (SS)

KK_1

Mampu mengevaluasi asuhan keperawatan pada tatanan klinik dan komunitas untuk meningkatkan kualitas kesehatan klien — (P1, 2)

SS_1

Being able to evaluate nursing care in clinical and community settings to improve clients’ health quality — (P1, 2)

KK_2

Mampu melakukan penelitian ilmiah di bidang ilmu dan teknologi kesehatan untuk menyelesaikan masalah keperawatan/kesehatan — (P5)

SS_2

Being able to conduct scientific research in health science and technology to solve nursing/health problems — (P5)

KK_3

Mampu menerapkan  inovasi  pada bidang  ilmu dan teknologi keperawatan/kesehatan — (P1, 2)

SS_3

Being able to implement innovations in nursing/health science and technology — (P1, 2)

KK_4

Mampu memberikan pendidikan kesehatan menggunakan keterampilan komunikasi dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam melakukan asuhan keperawatan — (P1,3)

SS_4

Being able to provide health education using communicative skills using information technologies in providing nursing care — (P1, 3)

Kurikulum Program Studi

Sama seperti halnya dengan Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) FK-KMK UGM, Program Rekognisi Pembelajar Lampau (RPL) juga melalui dua tahap yaitu tahap Sarjana dan tahap Profesi Ners. Prodi menerapkan proses pendidikan berbasis kompetensi. Kurikulum yang digunakan saat ini dikembangkan dari kurikulum inti pendidikan Ners oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) dan muatan lokal yang dikembangkan sebagai ciri khas lulusan UGM.

Tahap Sarjana

Model kurikulum berbasis kompetensi merupakan model kurikulum yang diterapkan PSIK FK-KMK UGM dalam proses pembelajarannya. Penyusunan mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa RPL didasarkan pada mata kuliah yang belum pernah diambil/ didapatkan saat menempuh pendidikan keperawatan di tingkat sebelumnya (D3). Sedangkan mata kuliah yang sudah didapat sebelumnya, akan dihitung jumlah SKS nya dan akan di transfer menjadi SKS mata kuliah yang sama/ memiliki kemiripan yang ada di tahap Akademik PSIK FK-KMK UGM. Struktur kurikulum dijabarkan menggunakan sistem blok dalam tiap semester.

  • Beban studi minimal 144 SKS termasuk skripsi, CFHC-IPE, dan KKN.
  • Lama studi 1,5 tahun setara dengan 1,5 semester (9 blok).
  • Gelar akademik lulusan adalah Sarjana Keperawatan (S.Kep).

Tahap Profesi

  • Beban studi 38 SKS.
  • Lama studi 1 tahun setara dengan 2 semester.
  • Gelar akademik lulusan adalah Ners (Ns.).
Peta Kurikulum RPL tahun 2024

Strategi Pembelajaran Program Studi

Sejak tahun akademik 1998/1999, PSIK FK-KMK UGM sudah mulai menerapkan pembelajaran yang berfokus pada mahasiswa (Student-centered Learning/SCL) melalui strategi pendidikan belajar berdasarkan masalah (Problem-based Learning/PBL). Selama proses pembelajaran mata kuliah dikelola dan diorganisasi untuk pencapaian kompetensi yang sudah ditetapkan.

Kegiatan pembelajaran tahap akademik:

  1. Kuliah pakar
  2. Diskusi kelompok (tutorial)
  3. Keterampilan klinik keperawatan
  4. Praktikum di Laboratorium
  5. Pengalaman belajar lapangan (field study)
  6. Seminar, Presentasi Kasus, dan Role Play
  7. Belajar Mandiri

Program pendidikan profesi merupakan satu kesatuan yang utuh dari Program Studi Ners FK-KMK UGM. Setelah menyelesaikan pendidikan ditahap akademik, mahasiswa kemudian diberikan pengalaman belajar klinik dan pengalaman belajar di lapangan pada berbagai bentuk dan tingkat pelayanan kesehatan (klinis dan komunitas). Diharapkan setelah melalui proses pendidikan di tahap profesi, calon ners dapat mencapai kompetensi pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor yang maksimal sebagai bekal mereka menjadi perawat yang professional dan kompeten.

Kegiatan pembelajaran tahap profesi:

  1. Pre dan Post Conference
  2. Bedside Teaching
  3. Ronde Keperawatan
  4. Seminar/refleksi kasus
  5. Seminar analisis jurnal
  6. Penyuluhan kesehatan
  7. Terapi bermain (khusus keperawatan Anak)
  8. Terapi Aktivitas kelompok (khusus keperawatan Jiwa)

Kontak Kami

KANTOR
Gedung Ismangoen Lantai 2, Jl. Farmako Sekip Utara, Yogyakarta 55281
Telepon: (0274) 545674  | 081328455567 (CP Murtiningsih)
Fax: 0274-631204 

EMAIL
nursing.fkkmk@ugm.ac.id