nursing.fkkmk.ugm.ac.id

Home » Akademik » Nursing Expo “Lets Talk About Nutrition”

Kategori

Nursing Expo “Lets Talk About Nutrition”

Nursing Expo adalah kegiatan seminar yang merupakan bagian dari blok 1.5 PSIK FK-KMK UGM Angkatan 2021 yang dilaksanakan secara hybrid. Perbedaan dengan seminar yang lainnya yaitu ada pada audiencenya. Audience tidak hanya dari PSIK UGM saja akan tetapi juga dibuka untuk umum yang hadir online melalui Zoom maupun Youtube. Sedangkan panitia yang bertugas, presenter, dan dosen pembimbing hadir tatap muka di auditorium lantai 3 Gedung Ismangoen.  Tema Nursing Expo kali ini yaitu “Let’s Talk About Nutrition”, dan dilaksanakan pada hari Rabu, 14 April 2022.

Dalam prosesnya, mahasiswa dibagi menjadi 20 kelompok mulai dari 1A hingga 10B. Setiap kelompok mendapatkan topik tersendiri yang sudah dibagi oleh dosen pengampu. Produk dari setiap kelompok berupa poster dan PowerPoint yang nantinya dipresentasikan oleh presenter. Adapun topik untuk setiap kelompok:

1A : Nutrisi pada Diabetes
1B : Nutrisi pada Pasien Jantung Koroner
2A : Nutrisi pada Hepatitis
2B : Nutrisi pada Penderita Tuberkulosis
3A : Nutrisi pada Penderita Ataksia
3B : Nutrisi pada Penyintas Covid-19
4A : Nutrisi pada Lansia PPOK
4B : Nutrisi pada Anak Stunting
5A : Nutrisi untuk Anak Thalasemia
5B : Nutrisi Obesitas Pada Anak
6A : Nutrisi pada Ibu Hipertensi Gestasional
6B : Nutrisi pada Ibu Hamil dengan Hiperemesis Gravidarum
7A : Nutrisi pada Ibu Hamil Trimester 1, 2, dan 3
7B : Nutrisi pada Ibu Hamil dengan Covid-19
8A : Nutrisi pada Pasien Kemoterapi
8B : Nutrisi pada Pasien Hemodialisa
9A : Nutrisi pada Lansia dengan Osteoartritis
9B : Nutrisi pada Pasien Hipertiroid
10A : Nutrisi pada Pasien Stroke
10B : Nutrisi pada Penderita Gastritis

20 kelompok tersebut dibagi menjadi 4 sesi dengan pembagian 5 kelompok setiap sesinya. Dosen pembimbing pada sesi 1 dengan Ibu Yayu Nidaul Fithriyyah, S. Kep., Ns., M.Kep., sesi 2 dengan Ibu  Ami Novianti, S. Kep., Ns., M. Kep., sesi 3 dengan Anik Rustiyaningsih, S. Kep., Ns., M. Kep., Sp.Kep.An., dan sesi 4 dengan Bapak Dwi Harjanto, S.Kp., M.Sc. Presenter setiap kelompok diberikan waktu maksimal 7 menit dan ekstra waktu 1 menit untuk memaparkan presentasinya. 

Selanjutnya, di akhir sesi presentasi terdapat sesi tanya jawab. Peserta dipersilahkan untuk mengajukan pertanyaan kepada kelompok yang sedang presentasi baik melalui chat Zoom maupun kolom komentar Youtube. Kemudian perwakilan kelompok yang bertugas sebagai penjawab akan menyampaikan hasil diskusi kelompoknya untuk menjawab pertanyaan. Terakhir sesi game dan dilanjutkan dokumentasi. Game dilaksanakan melalui aplikasi web Quizziz, pemenangnya akan diberi sertifikat tambahan sebagai pemenang game. 

Output yang diharapkan  dengan adanya Nursing Expo ini adalah segala informasi yang disampaikan dapat bermanfaat baik bagi mahasiswa PSIK, peserta umum, maupun semua pihak yang terlibat. (Rindiana & Kareendra)


Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.