Optimalisasi Kader Kesehatan, Sosialisasi dan Pemeriksaan Kesehatan di Dusun Bakung: Langkah Nyata Penanggulangan Penyakit Tidak Menular dalam rangka HUT Departemen Keperawatan ke-26 dan HUT HMPK ke-6

Yogyakarta, 1 September 2024 – Dalam rangka memperingati HUT Departemen Keperawatan Universitas Gadjah Mada (UGM) ke-26 dan HUT Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Keperawatan (HMPK) UGM ke-6, HMPK UGM mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Optimalisasi Kader Kesehatan dalam Penanggulangan Penyakit Tidak Menular”. Kegiatan ini mendukung tujuan ke-3 Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu menjamin kehidupan yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan seluruh penduduk semua usia.

Tujuan kegiatan ini untuk membekali kader kesehatan dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mencegah serta menangani penyakit tidak menular seperti hipertensi dan diabetes mellitus, sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan serta melakukan pemeriksaan kesehatan (pengukuran tekanan darah, pemeriksaan laboratorium gula darah, asam urat, dan kolesterol). Kegiatan ini terbagi dalam dua tahap, yaitu pelatihan kader kesehatan dan sosialisasi serta pemeriksaan kesehatan.

Pelatihan Kader Kesehatan.

Kegiatan pertama yaitu Pelatihan Kader Kesehatan, dilaksanakan pada Rabu, 21 Agustus 2024 di Rumah Bu Dukuh Bakung Juaminiah, SE, Dusun Bakung, Bangunharjo, Sewon. Sebanyak 12 kader kesehatan hadir dalam kegiatan ini.

Rangkaian kegiatan dimulai pada Pkl. 18.30 WIB, dipandu oleh pembawa acara yaitu Ayu Anita, S.Kep., Ns. Kegiatan pelatihan dimulai dengan registrasi dan pretest untuk mengukur pengetahuan awal para peserta. Materi utama mengenai pengukuran tekanan darah dan gula darah disampaikan oleh Anna Ivana Mareta, S.Kep., Ns. selaku mahasiswa Magister Keperawatan UGM Angkatan 2023. Selain teori, para peserta juga berkesempatan mempraktikkan langsung cara penggunaan alat pengukur tekanan darah dan cek darah (gula darah dan asam urat). Diskusi interaktif antara peserta dan narasumber semakin memperdalam pemahaman peserta mengenai pentingnya deteksi dini penyakit tidak menular seperti hipertensi dan diabetes mellitus.

Kegiatan pelatihan ditutup dengan posttest dan sesi evaluasi. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan peningkatan rerata skor pengetahuan kader mengenai pengukuran tekanan darah dan gula darah. Selama kegiatan berlangsung kader kesehatan sangat antusias, aktif bertanya dan mampu mempraktikkan pengukuran secara tepat.

Sosialisasi dan Pemeriksaan Kesehatan. Kegiatan kedua yaitu Sosialisasi dan Pemeriksaan Kesehatan, diselenggarakan pada Minggu, 1 September 2024 di Griya Lare Utami, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 60 warga Dusun Bakung dan dihadiri oleh tokoh-tokoh penting yaitu Prof. dr. Sunartini Hapsara, Sp.A [K]., Ph.D. selaku pendiri Griya Lare Utami; Juaminiah, SE selaku Kepala Dusun Bakung; Dr. Heny Suseani Pangastuti, S.Kp., M.Kes selaku Ketua HUT Keperawatan UGM ke-26; Sri Hartini, S.Kep., Ns., M.Kes., Ph.D. selaku Ketua Program Studi Magister Keperawatan UGM; Uki Noviana, S.Kep., Ns., M.Sc., Ph.D. selaku Penasehat HMPK UGM; Prof. Intansari Nurjannah, S.Kp., MN.Sc., Ph.D. selaku Ketua Departemen Keperawatan Jiwa & Komunitas, dan Widyawati, S.Kp., M.Kes., Ph.D. selaku Ketua Departemen Keperawatan Anak dan Maternitas.

Rangkaian kegiatan dimulai pada Pkl. 08.00 WIB, dipandu oleh pembawa acara yaitu Dana Prayoga Irawan, S.Kep. Ns. Kegiatan diawali dengan pemeriksaan tekanan darah dan cek darah (gula darah serta asam urat) oleh tim pemeriksaan kesehatan dan kader. Acara resmi dibuka oleh Prof. dr. Sunartini Hapsara, Sp.A[K]., Ph.D., dilanjutkan dengan paparan materi oleh dr. Aliatul Muafiah dari Puskesmas Sewon II tentang penanggulangan penyakit tidak menular.

Selama sosialisasi, masyarakat tampak antusias dan aktif bertanya mengenai kondisi kesehatan mereka. Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan juga memberikan manfaat langsung, di mana masyarakat dapat mengetahui hasil tekanan darah, kadar gula darah dan asam urat mereka.

Secara keseluruhan, rangkaian kegiatan ini berjalan dengan lancar, warga sangat antusias mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir acara. Berdasarkan skor pengetahuan warga mengenai penyakit tidak menular juga menunjukkan peningkatan Hal tersebut sesuai dengan hasil post test yang dilakukan, didapatkan peningkatkan rerata skor pengetahuan kader. Melalui kegiatan ini, HMPK UGM dan Departemen Keperawatan UGM berharap dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, terutama dalam pencegahan dan penanganan penyakit tidak menular.

Alamat: Gedung Ismangoen, Jalan Farmako Sekip Utara, Sinduadi, Mlati, Sleman
Daerah Istimewa Yogyakarta, 55281, Indonesia
🕾 0274 – 545674 | 🖂 nursing.fkkmk@ugm.ac.id

Competence, Altruism, Respect, Empathy

© 2022 NURSING UGM