nursing.fkkmk.ugm.ac.id

Home » Akademik » Konferensi Pers dan Pameran Produk Inovasi Pembelajaran dalam Pendidikan Keperawatan PSIK FK-KMK UGM

Kategori

Konferensi Pers dan Pameran Produk Inovasi Pembelajaran dalam Pendidikan Keperawatan PSIK FK-KMK UGM

Perkembangan media pembelajaran berjalan sangat dinamis seiring dengan kemajuan teknologi yang tersedia. Tidak terkecuali pada pendidikan profesional Ners,  sejatinya profesi Ners yang tidak hanya harus menguasai materi-materi pembelajaran, mahasiswa juga harus dibekali dengan keterampilan yang mumpuni, sehingga lulusan Ners dapat terjun langsung ke dunia kerja tanpa melalui proses panjang persiapan sebelum bekerja. Media pembelajaran berbasis teknologi terus dikembangkan meyesuaikan perkembangan zaman untuk meningkatkan minat peserta didik dalam pembelajaran, mengasah critical thinking serta sikap dan perilaku profesional dalam pencapaian kompetensi yang ditetapkan. Bahkan teknologi sekarang ini juga sudah mampu mengasah kemampuan mahasiswa dalam penguasaan skill keperawatan.

Kebutuhan media belajar yang inovatif dan memadai dalam kondisi pandemi saat ini, memotivasi Departemen Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan dalam mengembangkan beberapa media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Oleh karena itu, dalam rangka mengenalkan hasil-hasil produk inovasi media pembelajaran ke masyarakat, Departemen Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan mengadakan konferensi pers dan pameran produk inovasi pembelajaran yang bertajuk Never Ending Innovation For Better Quality Nursing Education”.

Perwakilan dari Departemen Keperawatan sekaligus Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan, Haryani, S.Kp., M.Kes., PhD dalam acara tersebut menyampaikan, bahwa sampai saat ini sudah banyak inovasi inovasi media pembelajaran yang dihasilkan oleh staf dosen dan mahasiswa di Program Studi Ilmu Keperawatan diantaranya meliputi video, aplikasi android yang memfasilitasi refleksi, game untuk pembelajaran kegawatdaruratan, webgame, dan virtual reality (VR). VR merupakan teknologi yang cukup komplek tergolong baru dikembangkan dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Saat ini Program Studi Ilmu Keperawatan mengembangkan 2 buah VR dengan salah satunya dapat digunakan oleh dua player sekaligus (multiplayer). VR ini dapat digunakan oleh kedua player secara bersamaan walaupun kedua player berada pada tempat yang berbeda. Penggunaan VR multiplayer ini memungkinkan interaksi diantara kedua player di dalam satu environment VR yang sama. VR pertama yang dikembangkan adalah VR Bathing yang membantu mahasiswa memahami prosedur memandikan pasien. Selain itu, VT Triage Simulation (VT-TS) dikembangkan untuk meningkatkan critical thinking mahasiswa dalam menentukan status triase pasien yang masuk ke IGD.

Selain VR aplikasi aplikasi baik web-based maupun android app-based yang mendukung pembelajaran juga banyak dibuat. Salah satu yang aplikasi terbaru adalah Virtual Case Analysis Global Health (VIEGLOBE). Kurnia Yuliandari, S.Kep., Ns., MSc, salah satu pengebang VIEGLOBE, menjelaskan bahwa aplikasi ini bertujuan membawa mahasiswa kepada pemahaman lebih lanjut mengenai kesehatan, yang tidak hanya dipengaruhi oleh mereka yang berkecimpung di dunia kesehatan, tetapi juga dipengaruhi faktor lain semisal dari masyarakat, sosial, dan lintas sektoral lain. Media-media pembelajaran lain yang juga dipamerkan dalam acara ini, antara lain :

  1. Clinical Practice Reflection (CPR) dan My Learnig Journal (MLJ) : Aplikasi reflective journaling dan portofolio pembelajaran mahasiswa tahap akademik
  2. Gamification Emergensi dengan Sumber Daya Terbatas (GAMEST) : Gamifikasi emergensi berbasis web untuk menunjang pembelajaran blok Emergency and Critical Care. Video emergensi berseri di embed kan di youtube. User memilih jawaban sesuai video kasus.
  3. DECARDIA : Aplikasi ini merupakan aplikasi pertama di Indonesia yang memberikan fasilitas hitung tingkat risikokardiovaskular dan menyajikan edukasi sesuai tingkatan. Aplikasi ini mengadaptasi instrumen yang bernama WHO/ISH risk prediction charts yang di keluarkan oleh World Health Organization dan International Society of Hypertension.
  4. PRIMAGRAVIDA : Aplikasi berbasis web utk membantu ibu hamil dalam memonitor kehamilan (berat badan, menu makanan, kepatuhan obat), menyediakan media edukasi.
  5. Aplikasi Sistem Pelayanan Lansia Tangguh : aplikasi ini membantu mahasiswa dalam memahami penyusunan asuhan keperawatan sampai dengan dokumentasi keperawatan untuk pasien lansia di komunitas
  6. PASIVIK
  7. Video video edukasi seperti Mitos dan Fakta Seputar Kanker, Video Edukasi Pencegahan COVID-19 pada Anak, dll.

[sp_wpcarousel id=”3106″]


Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.